Sunday, September 28, 2008

persiapan lebaran..


rencananya,mau di tulis setiap harinya liburan kali ini..
ternyata tak bisa!! sibuk setiap harinya,hehehehe..

rumah sebesar ini tidak ada pembantu tetap.seperti hari ini tidak ada pembantu. karna yang harian lagi sakit.
jadi aja,syibuk pisan..

tadi belanja heyboh buat lebaran. karena ada rencana open house di hari kedua. hari pertama mau bawa anak yatim jalan2..
jadi nyiapin rencana makanan buat hari pertama. dan katering untuk hari kedua. paling yang buat sendiri puding sama es timun,karena ada gule dan kambing guling,kasiyan kan yang darah tinggi,hehehehe..

seneng banget siy bisa merasakan jadi orang yang sibuk untuk membagi kebahagian..

tapiy..
ternyata hari ini pun dilalui dengan berat. talitha demam,mau tumbuh gigi lagi!!
bener2 ni baby ga mau kehabisan kambing guling lebaran,hahahaha..

talitha bangun,caw dulu..bubuy..

Thursday, September 25, 2008

mudik yugz,,

assalamualayku..

hari ini jatikusumo family mudik..
uhuy!!

mudik ke bogor, karena rencana lebaran di bogor. ga jadi lebaran di kampung, karna mbah gun tersayang masih umrah..

rencananya setelah lebaran, talitha dan bundanya akan stay di bogor. huhuhu..untuk sementara ga serumah sama ayah dulu. ayah harus berjuang di bandung lautan brownis (gyahahaha!!),demi menuntaskan perjuangan di kampus tercinta.
kenapa talitha dan bunda harus tinggal di bogor??
ya biar dimas tenang ngerjain skripsi di lab, tanpa kepikiran orang di rumah yang mungkin saja kelaparan ataw kesepiyan,hahahahaha..

selain itu, sekaliyan nemenin mba pipit yang baru punya baby,dan juga untuk menjadi anak yang sesungguhnya (ngurusi ortu), hehehe..
aku kan dari lulus SD udah melanglang buana, jadi aja tidak mempunyai waktu yang panjang buat ngurusin ortu.. ini saatnya mendulang banyak pahala dan juga pengalaman,hehehe..

misi lainnya,,
aku mau belajar masak!!hahahaha.. berhubung tante nunung tetangga rumah punya katering, ya di budidayakan untuk kesejahteraan perdapuran rumah tangga,gyahahaha..
tunggu aja ya suami kuw..istri mu akan berjuang ngalahin si om barra!!hahahaha..
(ssttt..saking ngefans berat sama om bara sigula-gula, waktu hamil dulu kalo anak ku cowo pengen aku kasih nama :al barra,gyahahaha..)


eh,
balik ke rencana mudik hari ini.
dari beres sahur rumah udah aku rapiin (sebenernya dari 2hr lalu udah nyicil). sekarang udah kinclong berat! :)
trus barang bawaan kita tuh buaaaannyaaakk banget!! ampun deh..
gimana ga buanyak, lha wong kita memang akan tinggal lama di bogor. jadi semua di angkut duong..
ga lupa, aku pamit ama tetangga. aku nitip mas dimas kuw sayang..huhu..(sampe sekarang masih rada berat..walo pun dimas bilang bakal jenguk ke bogor, tapi tetep ya boookk biasanya tidur sekamar,huhuhu)

tidak lupa pula,menyiapkan oleh-oleh dari bandung lautan brownis,,
ya apa lagi kalo bukan brownis!!hahahaha..

semalem juga ke jonas. cetak poto banyak banget buat di kirimin ke sdr2 yang tidak bisa di datengi lebaran nanti, termasuk ibu bapak ku, dan juga adek ku..

trruuuss...
ntar malem udah rencana buka bareng sama ibunya dimas. sebelum ibu mudik besok ke solo. jadi jadwal kita di hari pertama mudik pun sudah padat,ahahahaa..gaya banget!

talitha piye??
dia asik asik aja tuh. masih ga ngerti kali ya boookkk..
muga-muga dia betah ya di bogor..amin

okay, sekian dulu.
met mudik juga ya..

salam hangat (sehangat brownis kukus baru keluar dari oven ;p)
jatikusumo family



Wednesday, September 17, 2008

sahabat lama


aku pernah cerita tentang nadia,sahabat aku waktu di solo dulu.
beberapa hari yang lalu,tiba2 ada yang sms aku,di akhir kalimat smsnya ditulis:-nadia-

waahhh..
seneng banget!!
karena semenjak hp yang lama rusak,aku jadi ga tau nomor2 temen2 yang menjadi bagian masa lalu (jiyehh..).
ya sampe sekarang tetep kok jadi temen,tapi udah ga pernah ketemu,ya hubungan cuma lwt sms.

terakhir kali ketemu nadia,waktu UMUGM,tahun 2004.
itu pun setelah 3 tahun ga ketemu!!

dan yang ngebuat aku kaget banget (nadia juga),kalo kita udah sama-sama nikah dan punya anak!

ternyata:
-kita sama-sama nikah di tanggal dan tahun yang sama,cuma beda bulannya. aku 170107,nadia 170807.
-kita sama-sama udah punya anak,anakku cewe,anak nadia cowo
-kita sama-sama penyumbang cucu pertama. padahal nadia anak bungsu,begitu pula dimas (dimas juga anak bungsu!!)

nadia ngajakin jodohin anak,hahahaha..
kalo aku siy ga mau pake gitu-gituan. semua udah urusan pribadi anakku kelak.
sama seperti orang tuaku dan orang tua dimas,kami menemukan cinta kami dengan jalan kami sendiri (pastinya karena ALLAH sudah memberikan ridho melalui jalan ini,hingga kami bisa bersama,amin).

duuhh.. aku kangen banget sama nadia.
temen ku yang satu ini perjuangannya hebat banget!
dulu, ayahnya nadia meninggal sewaktu kami masih SMP.
kehidupan keluarganya nadia pun berubah seketika.
tapi seperti yang saya bilang,kehidupan itu adalah perjuangan..
seninya,indahnya,kagumnya,ya di dalam rangkaian perjuangan itu..

semoga,suatu saat kita bisa ketemu lagi ya na..

Monday, September 15, 2008

dinner di hanamasa

sabtu,malem minggu kemaren,di saat iAic buka bareng,audy juga buka bareng dengan temen2 malta jakarta di rumahnya,kami jatikusumo family dinner di hanamasa,hehehe..
bukan mau gaya2an.. tapi si ibu lagi pengeeeeennnn banget. udah pengen dari zaman hamil!!

pas telpon hanamasa,udah penuh tempatnya. jadi kita langsung dateng aja jam setengah 4. waiting list ke 14.
tetep hajar bleh...



karna kata mbak'e jam 7-an, jadi kita caw dulu..
sempet ke lavie,beliin talitha kaos(karena udah pada kekecilan),serta sendal mrs.koala yang lucu abis..
trus kita buka n solat magrib di masjid salman.

pas ke hanamasanya,ealah antrian ku di serobot orang yang bernama sama:RISKA,tapi padahal dia antrian no 24..
jadi pihak hanamasa minta maap,kita langsung dicariin tempat tanpa harus nunggu antrian no 24.

dapet dehh..
padahal cuma ber 2setengah (talitha setengahnya..),eee dapet tempat yang ber6!!
weleh weleh..
mungkin mbaknya ngeliat badan kami ber2 seperti badan 6 orang!!hahahaha..


di hanamasa,kita dapet kenalan. anak kecil,cowo, namanya RAI..
kelas 1 SD tapi berat badannya 32kg,ckckckck.. anak zaman sekarang..
hehehehe..
dia setiap kosong (ga ada yg lagi di kunyah..), ke meja kita.. ngobrol,cerita-cerita..
waaahhh..seneng juga niy..
dia nyapain talitha terus.
tapi talitha cuek kaya bebek yang bereng di kali,hahahaha..

duh,ga sempet poto,sayang sekali..

aku tuh makan paling banyak daripada dimas,dan tentunya talitha..
hohohoho..hampir semua keembat!! gyahahahaha..
dimas makannya dikit banget..
talitha lumayanlah buat ukuran bayi..
setiap di sodorin,dia mangap,ckckckck..(termasuk thai tea!!gyahahahaha)


poto di atas, pak dimas dengan kaki naganya..hahahaha..


trus kita baru kelar n nyampe rumah jam 10malem..
hohohoho..

akibat dari dinner di hanamas:
bangun sahur jam4 lewat 5..
perut masih full!!
jadi kita cuma sahur pake susu cair,roti tawar choco chip,dan kurma..
alhamdulillah lancar!!

Saturday, September 13, 2008

post sebelumnya adalah pindahan..

yup..post-post yang sebelum ini adalah pindahan dari blog saya yang lama:maskarina.blogsome.com

so..
sekarang saya akan mulai menulis di blogspot :)
enjoy it..

kepribadian anda dilihat dari es krim!!

Rasa es krim yang kamu pilih ternyata berkaitan erat dengan kepribadian kamu. Ini bukan sekadar rekaan belaka, tapi berdasarkan pengamatan pemilik kedai es krim di California, Amerika Serikat, selama bertahun-tahun.

Joseph Edy, si pemilik kedai, ternyata bukan hanya melayani pembelian saja, tapi juga mengamati karakter dan kebiasaan para pelanggannya. Bahkan, ia mengajak mereka mengobrol. Dari pengamatan ini ia membuat catatan untuk mencocokkan rasa es krim dan karakter si pemesan. Boleh percaya boleh tidak, tapi catatan Edy di bawah ini patut di simak.

1. Rasa vanila, biasanya yang suka rasa ini menyukai warna hidup dan tantangan. Sayangnya, kurang bisa mengontrol diri dan selalu mengikuti kata hati. Memiliki kekuatan dan harapan tinggi untuk mewujudkan setiap impian.

2. Cokelat, penyuka rasa ini termasuk orang yang kreatif, sangat mencintai hidup, menarik, dan penuh antusias. Suka menjadi pusat perhatian dan membenci rutinitas yang monoton.

3. Banana split, selalu berpikir positif kepada setiap orang, easy going, jujur, simpatik, dan sangat peduli pada lingkungan.

4. Stroberi, tergolong pemalu, tertutup, tidak memiliki emosi kuat, tapi teliti dalam setiap tindakan.

5. Es krim dengan taburan choco chip, termasuk ambisius, menyukai persaingan, menarik, dan memiliki kehidupan sosial yang bagus.

6. Es krim dengan taburan kacang, penyuka jenis es krim ini adalah orang yang perfeksionis, selalu berhati-hati dalam tindakan, sangat peduli pada detail, dan penuh etika. Menyukai persaingan positif dan sangat suka berolahraga.

Nah, kalo kamu penyuka es krim yang mana?

kalo aku mah ga pernah beli satu rasa, kalo bisa di mix,biasanya milih yang di mix..

sekaliyan gitu,bayar sama tapi bisa dapet beberapa rasa,hahahaha :p

kalo yang ini berarti tipe gado-gado ataw pecel ataw salad??gyahahahaha..

------------------

sumbernya:kompas.com

glenn dolman

kalo aku sendiri masih mencari info tentang metode ini, sebelum memberikan ke talitha.

setidaknya,aku harus sangat paham..

sejauh ini talitha masih aku gunain sistem mengenal bentuk,warna,nama,aktifitas serta hitungan.

ya seperti kalo lagi makan:talitha lagi makan ya..makan bubur. ada piring,ada sendok..ini sendok (sambil dipegangkan ke talitha),sendoknya berwarna putih,sendoknya ada satu

ya begitulah kira-kira..

kalo metode glenn dolman,saya siy ga mau jadi 'ibu yang ikut-ikutan trend doang',jadi saya harus paham betul...

-------------------------

Mengajar membaca bayi telah diajarkan Glenn Doman sejak tahun 1955.
Ia mendirikan The Institutes for the Achievement of Human Potential yang sekarang dilanjutkan puterinya yang bernama Janet Doman mengajarkan pada banyak orangtua tentang mengajar membaca anak sejak bayi.
Sampai hari ini banyak orangtua terbantu dalam menstimulasi perkembangan fisik dan mental anak melalui membaca.


Asumsi pikir yang dikembangkan dan memungkinkan anak belajar membaca sejak bayi :
1. Anak dibawah usia lima tahun bisa dengan mudah menyerap informasi dalam jumlah yang yang luar biasa banyaknya. Pada anak yang berusia kurang dari empat tahun akan lebih mudah dan lebih efektif; di bawah tiga tahun bahkan lebih mudah lagi dan jauh lebih efektif; dan di bawah dua tahun merupakan usia yang paling mudah dan paling efektif untuk menyerap informasi
2. Anak di bawah usia lima tahun bisa menagkap informasi dengan kecepatan luar biasa
3. Semakin banyak informasi yang diserap anak di bawah lima tahun, maka makin banyak pula yang diingatnya.
4. Anak di bawah lima tahun mempunyai energi yang sangat besar
5. Anak di bawah lima tahun mempunyai keinginan belajar yang sangat besar
6. Anak di bawah lima tahun dapat belajar membaca dan ingin membaca
7. Anak di bawah usia lima tahun bisa mempelajari suatu bahasa secara utuh dan dapat belajar bahasa apapun yang diperkenalkan padanya


Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat mengajar membaca bayi:
1. Usia mulai belajar membaca
Sebaiknya mulai usia satu tahun atau kurang. Minimal usia 4 bulan. Untuk sampai ke tahap lima sebaiknya bayi berusia 30 bulan.

2. Sikap dan pendekatan orangtua
Diantara orangtua dan anak harus ada pendekatan yang menyenangkan

3. Waktu terbaik untuk mengajar
Saat mengajar yang terbaik adalah saat ibu dan anak dalam suasana hati yang menyenangkan

4. Waktu yang paling baik
Belajar membaca dengan metode bermain ini dilakukan tiga kali dalam sehari. Dan setiap pelajaran hanya berlangsung beberapa detik saja. Aktivitas ini harus dihentikan sebelum anak ingin mengakhirinya

5. Cara mengajar
Kegembiraan dan semangat ibu sangat penting dalam mengajar membaca anak. Materi harus disampaikan secara cepat (satu kartu satu detik). Buatlah kartu yang cukup besar dan tulisan yang jelas sehingga ibu dapat menunjukkan dengan cepat dan anak dapat melihatnya dengan mudah.

6. Konsistensi
Program pembelajaran ini harus disampaikan dengan konsisten. Program yang sering terhenti tidak efektif.

7. Persiapan materi
a. Karton yang cukup tebal berukuran:
1. 15 X 60 cm (25 kartu)
2. 12,5 X 60 cm (25 kartu)
3. 10 X 60 cm (100 – 150 kartu)
4. 10 X 30 cm (100 – 150 kartu)

Pada aktivitas yang pertama menggunakan karton dengan ukuran 15 X 60 cm dan tulisan 7,5 – 10 cm, namun yang berikutnya dapat dibuat variasi dengan ukuran karton yang lebih kecil dan tulisan yang lebih kecil pula.

b. Spidol besar berwarna merah dengan ujung yang tebal dan rata.

c. Buatlah hurufnya setinggi:
1. 7,5 – 10 cm untuk kartu 15 X 60 cm
2. 5 – 7,5 cm untuk kartu 12,5 X 60 cm
3. 3,5 – 6 cm untuk kartu 10 X 60 cm atau 10 X 39 cm

d. Gunakan huruf kecil kecuali untuk kata-kata tertentu. Gunakan huruf cetak. Dan tulislah setiap kata di tengah kartu

lima tahapan dalam mengajar anak membaca:
1. Tahap pertama: kata-kata tunggal
Langkah pertama mengajar anak membaca dimulai dengan menggunakan hanya lima belas kata saja berukuran karton 15 X 60 cm. Kata-kata tersebut haruslah dalam satu kelompok. Misalnya nama-nama buah seperti mangga, pisang, apel, dsb.
Mulailah kegiatan ini jika anak sedang berminat, cukup istirahat, dan suasana hati yang gembira. Gunakan sudut ruangan yang tidak banyak perabotnya, gambar-gambar atau benda-benda lain yang bisa mengalihkan perhatian anak.

Hari pertama: mulailah menunjukkan kartu yang pertama. Misalnya kata tomat, katakan dengan jelas, “Ini bacaannya tomat”. Biarkan dia melihatnya tidak lebih dari satu detik. Kemudian tunjukkan kartu yang kedua bertuliskan pisang dan katakan, ‘ ini bacaannya pisang”. Jangan meminta anak untuk mengulangi kata yang didengarnya. Selanjutnya tunjukkanlah tiga kata lainnya dengan cara yang sama. Saat mengucapkan kata yang tertulis di karton perhatikan wajah anak. Ulangi hal ini tiga kali pada hari pertama, dengan cara yang sama. Beristirahatlah diantara setiap pelajaran paling sedikit 15 menit. Pastikan kartu yang ditunjukkan berbeda setiap kali. Pada akhir pelajaran katakan padanya bahwa ia sangat pintar

Hari kedua: ulangi pelajaran yang disampaikan hari pertama sebanyak tiga kali. Tambahkan kelompok kata kedua misalnya kelompok perabot rumah sebanyak lima kartu. Kelompok kata yang baru harus dilihat sebanyak tiga kali dalam sehari sama seperti kelompok kata yang disampaikan di hari pertama. Sehingga jumlah sesi di hari kedua adalah enam sesi.

Hari ketiga: tambahkan kelompok kata yang terdiri dari lima kartu baru, misalnya kelompok bagian tubuh. Sampai hari ketiga telah diajarkan tiga kelompok kata yang terdiri dari lima kata di setiap kelompoknya.

Hari keempat: materi yang diajarkan sama dengan hari ketiga, atau akan ditambah materi kelompok kata yang baru.

Hari kelima: materi yang diajarkan sama dengan hari ketiga, atau akan ditambah materi kelompok kata yang baru.

Hari keenam: satu kartu dibaca lima hari. Pada hari keenam satu kartu dari kelompok kata yang pertama ditinggalkan dan ditambahkan satu kartu baru yang masih masuk dalam kelompok kata tersebut.

Hari ketujuh: satu kartu dari kelompok kata yang pertama ditinggalkan dan ditambah kartu baru dalam kelompok tersebut. Demikian pula kelompok kata yang kedua ditinggalkan satu kartu dan ditambahkan satu kartu baru yang masih termasuk kelompok kata tersebut.
Demikian selanjutnya pada hari kedelapan dan seterusnya sampai masing-masing kelompok kata yang terdiri dari 15 kartu habis.

2. Tahap kedua: gabungan dua kata
Bila anak telah diperkenalkan pada kata-kata tunggal maka dia sudah siap untuk menggabungkan kata-kata itu dan membuat gabungan dua kata. Misalnya tomat merah, pisang panjang. Gabungan dua kata merupakan jembatan dari tahap membaca yang paling dasar yaitu kata tunggak ke tahap berikutnya yaitu kalimat. Pada tahap ini orangtua harus menentukan gabungan kata dari kata-kata yang telah diajarkan pada anak di tahap sebelumnya. Cara menjalankan pembelajaran di tahap ini sama dengan di tahap sebelumnya

3. Tahap ketiga: kalimat sederhana
Dalam tahap ini ditambahkan kata kerja ke gabungan dua kata dan membuat sebuah kalimat pendek yang sangat mendasar. Misalnya mama sedang melompat Di tahap ini dapat digunakan kartu-kartu kata tunggal yang telah dibuat sebelumnya, lalu buatlah beberapa kartu dengan kata ‘sedang’. Duduk dan pegang lima nama, lima kartu dengan kata “sedang” dan lima kartu dengan kata kerja. Ambil satu kartu dari setiap kelompok dan bentuklah sebuah kalimat. Misalnya: papa sedang tidur. Bacakan kalimat itu pada anak. Sekarang biarkan anak memilih satu kata dari setiap kelimpok kata dan membuat sebuah kalimat.. Selanjutnya bacakan kalimat itu padanya. Kemudian buatlah tiga sampai lima kalimat bersama-sama

4. Tahap keempat: kalimat panjang
Sekarang digunakan prosedur dasar yang sama seperti waktu kita mulai dengan membuat kalimat. Namun sekarang lebih dari tiga kata. Jadi perlu dipersiapkan kartu baru dengan kata-kata bantu seperti “sebuah”, “di”. Kalimat yang disusun misalnya mama sedang makan sebuah pisang kuning. Upayakan menyususn kalimat bergantiananatara ibu dan anak. Pelajaran membaut kalimat panjang yang baik biasanya membuat ibu dan anak berusaha untuk berlomba dalam menciptakan kalimat apa saja yang dapat berakhir dengan canda tawa, pelukan dan kegembiraan yang ramai

5. Tahap kelima: buku-buku
Sekarang anak siap untuk membaca buku yang sebenarnya. Dia sudah membaca banyak kalimat buatannya sendiri dan menguasai semua kalimat tunggal serta susunan kata-kata.
Persiapan matang yang telah dilakukan sebelumnya adalah kunci keberhasilannya dalam membaca buku yang pertama dan buku lainnya.
Kemampuannya untuk menguasai kata-kata tunggal dengan tulisan yang besar; susunan kata-kata, ungkapan, dan kalimat telah terbentuk. Sekarang ia harus mampu membaca tulisan yang lebih kecil dan jumlah kata yang lebih banyak di setiap halaman.
Sebaiknya orangtua mencarikan buku yang memuat kata-kata yang dipelajari anak; memiliki perbendaharaan kata sebanyak lima puluh sampai seratus kata; tidak berisi lebih dari satu kalimat dalam satu halaman; tinggi tulisan tidak boleh kurang dari 2 cm; teks harus mendahului dan terpisah dari gambar atau ilustrasinya.
Sebaiknya orangtua membaca buku dengan kecepatan alami, bernada gembira dan suara yang penuh ekspresi. Tidak perlu menunjuk kata yang dibaca. Bacakan buku ini dua sampai tiga kali sehari selama beberapa hari.


Keseluruhan program yang meliputi lima tahap pada umumnya akan berlangsung selama delapan bulan.
namun ada proses pembelajaran yang dilaluinya: bayi memperhatikan kata yang ditunjukkan padanya dan mendengarkan suara orangtua yang menyebutkan kata yang tertulis.
Fungsi otak untuk melihat dan mendengar bekerja dengan baik. Selanjutnya dengan pengulangan yang berkesinambungan melalui conditioning, anak mengingat dalam memory nya kata-kata yang didengarnya. Sehingga kemudian ia mampu merecallnya kembali pada tahapan menyusun kalimat sederhana maupun kalimat panjang.
Didukung oleh keceriaan yang diupayakan orangtua membuat anak mampu mempertahankan semangat belajarnya. Disamping ini dapat menjadi aktivitas mothering yang menyenangkan.Berkaitan dengan kontennya pengenalan pada kata-kata tunggal membuat anak mampu memahami penggabungan dua kata atau lebih.
Dan pengenalan pada kosa kata yang beragam memungkinkan anak untuk mengenal segala sesuatu yang berada di sekitarnya secara lebih mudah

buah naga..

BUAH NAGA

aku tuh kenal buah naga/pitaya/dragon fruit dari ibu ku waktu aku hamil talitha dulu..
awalnya karena di suruh,lama-lama jadi doyan,hahaha..
manfaatnya banyak banget lho..
apalagi buat ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan zat besi agar perkembangan otak bayi berkembang baik,khususnya dalam hal memori..

Jenis buah naga ada empat macam, pertama buah naga daging putih (Hylocereus undatus), buah naga daging merah (Hylocereus polyrhizus), buah naga daging super merah (Hylocereus costaricensis) dan buah naga kulit kuning daging putih (Selenicerius megalanthus).

beberapa khasiat buah naga,antara lain:

1. dengan kandungan air sampai 80%,vit c dosis tinggi, serat, kalsium, zat besi, fosfor baik menurunkan kolesterol, menurunkan kadar lemak, serta merawat yang diabetes mellitus

2. Untuk penyeimbang kadar gula darah, kandungan fitokimia bisa menangkal/pencegah kanker, pelindung kesehatan mulut

3. pencegah pendarahan, dan obat keluhan keputihan.

4. mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, menguatkan daya kerja otak,kandungan karotein bisa merawat mata/meningkatkan ketajaman mata, serta sebagai bahan kosmetik.

5. Mengobati sembelit, Mengobati Hypertensi, Memperhalus kulit wajah

6. Meningkatkan daya tahan

7. buah naga merah mengandungi protein yang mampu mengurangi metabolisma badan dan menjaga kesihatan jantung

buah naga mengandung:serat,karotin (untuk kesehatan mata, menguatkan otak dan menghalang penyakit),kalsium (menguatkan tulang) dan fosferos.

Buah naga juga mengandung zat besi untuk menambah darah,vitamin B1,vitamin B2 (untuk menambah selera),vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menjaga kehalusan kulit serta mencegah jerawat).

buah naga harganya relatif mahal (bagi keluarga ngontrak seperti kami,hehehe..ya karna masih ada buah yang lebih murah seperti pepaya,hahahaha).
tapi seperti yang pernah aku bilang sebelum-sebelumnya kalo masalah kesehatan itu emang ga murah..
bisa murah kalo pola hidup kita bagus, tapi akan sangat mahal kalo pola hidup kita kacau.. :)

aku si bukan tipe orang yang setiap hari tersedia buah naga di dalam kulkas,karna bukan masuk dalam budget bulanan,hehehe..
tapi kalo lagi belanja,lihat ada buah naga dan di dompet ada dana,suka beli juga kok.
toh buahnya banyak manfaat..
hehehe..

talitha pernah di kasih juga.. talitha mah emang suka buah :p

produk plastik yang aman??

Apakah arti dari simbol-simbol yang kita temui pada berbagai produk plastik?

#1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. Boto-botol dengan bahan #1 dan #2 direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret-baret.

#2. HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Sama seperti #1 PET, #2 juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.

#3. V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah plastik yang paling sulit di daur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

#4. LDPE (low density polyethylene)
biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. Barang-barang dengan kode #4 dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Barang dengan #4 bisa dibilang tidak dapat di hancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan.

#5. PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Cari simbol ini bila membeli barang berbahan plastik.

#6. PS (polystyrene) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf. Selain tempat makanan, styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari dan banyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara China.

#7. Other (biasanya polycarbonate)
bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. Hindari bahan plastik Polycarbonate.

talitha sakit,,

talitha sakit demam,ini udah masuk hari ke-4,sudah jauh lebih baik dari 3 hari sebelumnya..

kenapa talitha bisa demam?

1.tumbuh gigi yang kedua (padahal gigi yang pertama ga pake acara demam..)

2.kecapekan!! setelah hari sebelumnya seharian ngikut bubar malta ampe malem

3.cuaca bandung yang sangat tidak bersahabat,dan tidak mengizinkan baby drop walo hanya sedikit aja!!

duuhh..

rasanya energi,pikiran,hati terkuras semua..

sedih ngeliat talitha yang ga mau mam karena gusinya lagi ngilu..

sedih ngeliat talitha yg lemes,jadi manja,dan ga ngoceh ataw teriak-teriak..

tapi untung td malam sudah mulai kembali sehat..

kemaren udah ke dokter, dapet vitamin biar talitha nafsu makan.

ada jadwal pijet bayi juga, tapi nunggu udah ga demam lagi..

ini bener-bener yang namanya ibu!!

rasanya tuh:ya ALLAH,lebih baik aku saja yang merasakan ketidaknyamanan itu, jangan putriku yang masih bayi..

pas hari pertama talitha sakit,aku masih puasa.. tapi karena dia ga mam,cuma mau nen,jadi hari kedua talitha sakit aku ga puasa dulu. ningkatin kualitas ASI ku biar talitha cepet sembuh..

dan sampai sekarang suamiku belum ngizinin aku puasa. walo talitha mulai sembuh, aku baru boleh puasa kalo talitha SUDAH BENAR-BENAR SEMBUH..

kemaren talitha sudah mau makan. aku n dimas beliin makanan baby produk gerber yang buah n sayuran. kalo daging-danging bisi khawatir,hahaha.. alhamdulillah talitha suka.

kemaren sore juga talitha sudah mau makan pisang..oiya,sebelumnya kan makan buah naga. pupnya ada item2 yang di buah naga itu,hahaha..pupnya bermotif :)

doain talitha kembali bersemangat ya..

hehehe..

bubar MALTAVISTA yang mak daaar!!


berbagi kebahagiaan...



wuiihh..

baru bisa ngeblog..

baru bisa cerita tentang buka bersama MALTAVISTA sabtu,malem minggu,,

walo udah lewat beberapa hari..

yuupp.. semua karena talitha sakit,demam 3 hari.. jadi saya berkonsen ke my baby dulu..

---------------------------------

seperti yang aku bilang, buka bersama kali ini harus SANGAT BERKESAN!!

karena tahun depan entah dirikuw di mana,temen2 di mana, ya pokok'e harus mantab!!

waktu pertama kali ngusulin, respon tuh langsung banyak yang mau ikut..bahkan ada yang mau bawa 'calon' juga,ckckck...

sampe hari H yang positif ikut 35 orang..(hohohoho..sejarah banget niy,karena biasanya 20-an..mantap juga ni panitia..)

kita tuh udah kumpul di rumah meka dari siang. tadinya aku mau pagi, tapi karena aku harus buar puding 1 lagi (setelah hari sebelumnya buat 2 macem), trus sama nyiapin pempek..

nyampe rumah meka, biyasa duduk2 dulu, ngocah ngoceh, kongkow, baru mulai jam 2an..

ada yang nulis2 nama di gelas (hehehe..ga ada pake acara gelas ketuker!!), motong2 buah, nyampur es buah, goreng pempek,nyiapin piring,dll..

sorenya, aku n dimas (pastinya dengan talitha) sempet balik ke rumah dulu buat terapi.

jam 5, balik ke rumah meka, sekalian bawa pepes ikan oleh2 dari tante, trus ngambil pesenan makanan.

makanannya tuh buanyak buanget!!!

ada ayam bakar, tahu-tempe bakar,sate usus, sayur capcay,rolade daging, pepes ikan gede boo,lalap,sambal..(ini baru makanan berat nya..)

ada es buah, puding 4 macem, pempek, buah,kurma..

pokok'e kenyang banget!!

aku juga sempet buatin stiker MALTAVISTA buat yang pada dateng, itung2 buat kenang-kenangan,dan mudah2an bisa pada inget aku sampe kapan pun,hehehe..

stikernya tuh tulisan MALTAVISTA berwarna merah maruh, dengan latarnya perak..

bagus lah ya..hahahaha narsis!!

selama acara, yang ga dateng cuma 2 orang aja..

tapi tetep acara gokil banget..

ga ada pake acara kehabisan makanan,semuanya sengaja dilebihin biar bisa nambah..

tapiyy..

yang paling maknyus tuh pas acara habis terawehnya..

ya yang sibuk,yang TA,yang mau pulang duluan,udah pada caw..tapi masih ada beberapa (banyak juga siy,lupa jumlahnya) yang berminat buat ikut acara 'siapa berani' ala malta (yang ternyata semuanya harus berani!!! hahahaha..)

kita bermain truth or truth!! hehehe..

nah loo..semuanya di bongkar!!

di tanyain atu2..

jadi kita ngumpul di ruang tamu. yang mau di tanyain duduk di depan. di depan udah disediain 3 bangku,yang di duduki oleh 3 'korban'.

dan 'korban' ditanyain hal2 detail dari masa lalu waktu di asrama, dan harus jujur!! hahahahaha..

dan kalo pertanyaan untuk korban berhubungan dengan salah satu orang yang ada di ruangan itu tetep harus di jawab!!

doweengg??

tapiy,dasar udah pada cuek kaya bebek yang berenang di kali,semuanya asik-asik aja..

seru banget!!!

di tanya pernah suka sama siapa aja, gimana pas di tolak, siapa yang pernah nembak,wah macem-macem deh..

seru sumpah deh..

jadi ngerasa tambah deket..

karna aku nenin talitha di kamar aku ga ikut sampe akhir.

dan ternyata akhirnya ga pake acara duduk di bangku, tapi muter keliling..

dan semuanya kena!!! hahahahahaha..

trus aja udah jam 11 malem. wah,ada anak bayi masih berkeliaran!!

jadi kita bubar deh,pada pulang..

tentunya dengan kesan yang indah banget..

kita sempet milih ketua malta bandung..

audy si om dut pastinya jadi 'korban' penunjukan tanpa memberi kesempatan untuk menolak..

hehehehe..

okey lah,,begitu kira2..

besoknya aku tanya ke beberapa temen tentang acara bubar..

jawabannya??

bukan mak nyus lagi,

tapi mak daaarrr!!

:p


waktunya mandi,baby..

ritual mandi tuh, salah satu hal yang paling menyenangkan untuk mempererat hubungan anda dengan baby anda..

termasuk saya dan talitha.. :)

kami berdua menyukai prosesi mandi..

waktunya mandi!! adalah hal yang sangat menyenangkan. menjadi ajang untuk belajar yang sangat fun buat baby, dan buat bunda yang jadi 'guru besarnya'.

ketika mandi, kita mengajarkan banyak hal kepada baby..

dan prosesi mandi sendiri adalah kegiatan yang membuat baby senang, karena seperti membalikkan waktu ketika mereka berada di dalam rahim kita, berenang-renang di air ketuban kita yang hangat..

sensasi itu menjadi memori di alam sadar baby...

karena mandi adalah hal yang menyenangkan bagi baby, ketika kita memberikan suatu input tentang 'ilmu' baru, baby akan sangat antusias..

untuk itu,kita harus menjaga agar suasana tetep kondusif dan menyenangkan..

apa aja yang bisa dilakukan ketika waktu mandi telah tiba??

-ajarkan doa-doa:doa masuk-keluar kamar mandi,mulai dan setelah mandi

-perkenalkan,bahwa kamar mandi adalah tempat untuk mandi

-perkenalkan peralatan untuk mandi:sabun,sampo,odol,sikat gigi (kita sediakan semuanya yang khusus untuk baby,dan ketika prosesi mandi,kita pegangkan ke baby..)

-tunjukan cara penggunaan peralatan mandi:ketika mau sikat gigi-tunjukan cara mengeluarkan odol-meletakkan di atas sikat-menggosokkan ke gigi-kumur-kumur..begitu pula dengan sabun dan sampo,kita bisa menyentuhkan tangan baby ke busa yang di hasilkan dari sabun ataw sampo

-ajarkan baby untuk bersyukur:subhanallah,airnya sejuk ya..badan kita bisa bersih,wangi,tambah cantik...

-bisa menjadi ajang bermain yang manfaat:meletakkan mainan binatang/benda2,lalu kita mengenalkan nama-namanya kepada baby. berbicara dengan nada bersemangat!! (berbicara dengan nada semangat,bernyanyi dan mengaji terbukti mampu meningkatkan kemampuan otak bayi:melodinya untuk mengembangkan otak kanan,syairnya untuk mengembangkan otak kiri..)

bagaimana melakukannya agar efektif:

pilih waktu yang tepat:tidak dalam keadaan bunda sedang sibuk dengan hal lai, ataw baby dalam keadaan ngantuk/lapar..

semuanya kita lakukan dengan menatap mata baby..

ajarkan perlahan,fun,dan tidak dalam keadaan yang anda sendiri dalam kondisi sibuk dengan hal lain..

luangkan waktu anda (seluruhnya) untuk bayi anda ketika waktu mandi tiba..

saya dan talitha selalu melakukan hal ini..

semoga manfaat :)

puasa bagi ibu menyusui..

puasa hari 1 dan 2 kemaren sempet lemes banget pas udah jam 4 sore gitu..

seharian, talitha asi terus,bahkan lebih banyak dari pada biasanya..

padahal makan bubur,

makan buah juga banyak,

tapi asi tetep kenceng banget! bahkan sempet mikir:apa karena berkah puasa y?mungkin lebih istimewa rasa asinya..hehehe

aku emang ikut forum ibu muda, dan ibu2 yang lain ternyata punya strategi makannya di banyakin. bahkan total makan berat dari buka sampe sahur 4 kali makan.

kalo aku?? wah ga kuat juga makan banyak..

tapi,karena niat banget pengen puasa,jadi setiap sahur bilang ke talitha kalo bundanya mau puasa,doain lancar ya nak..

nah ini yang aku dapet tentang puasa bagi ibu menyusui,semoga manfaat :)

----------------

ASI LANCAR WALAU BERPUASA

Jangan khawatir bayi akan kekurangan ASI, karena pada dasarnya puasa hanya mengubah jadwal makan.

Selama bulan Ramadan, ibu menyusui sebenarnya bebas memilih untuk berpuasa atau tidak. Jika memilih tidak, kebanyakan beralasan bahwa puasa sebulan akan menurunkan produksi ASI. Seperti yang kita tahu, ASI harus selalu lancar agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sang bayi. Alasan lainnya, kegiatan menyusui yang menguras tenaga akan membuat ibu makin lemas dan tak kuat berpuasa. Maklumlah, beberapa saat setelah menyusui biasanya ibu merasa lapar, bukan?

Semua kekhawatiran itu wajar saja adanya, tapi sebenarnya tak beralasan sama sekali. Seperti dikatakan dr. Etiza Adi Murbawani, M.Si., secara klinis, kegiatan puasa hanya mengubah jadwal makan. Yang berubah hanya waktu makannya saja, kok. Sementara, asupan makanan yang dikonsumsi ibu menyusui selama berpuasa bisa dibuat sama dengan saat tidak berpuasa, yaitu gizi seimbang dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak.

TAMBAH KALORI

Hanya saja, tambah staf pengajar pada Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang ini, ibu menyusui membutuhkan kalori yang lebih besar. "Untuk memproduksi ASI se-banyak 850 cc, ibu perlu menambahkan kurang lebih 1000 kalori dari kebutuhan wanita dewasa normal. Semua itu diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, sekaligus memulihkan kesehatan usai persalinan."

Dengan berpatokan pada angka kebutuhan tersebut, selama berpuasa, ibu hanya perlu mengubah jadwal makan saja. Jika ibu menyusui terbiasa makan dengan porsi sedikit tapi sering, maka di bulan Ramadan porsi yang sedikit itu harus ditambah. Alasannya, acara makan berat di bulan tersebut cuma dilakukan pada saat berbuka dan sahur. Etiza menganjurkan untuk menyantap dulu makanan pembuka yang manis-manis guna menghindari mual. Setelah salat Magrib, barulah mengonsumsi makanan berat.

Jika ibu tak dapat sepenuhnya menambah porsi dalam sekali makan, maka yang dapat dilakukan adalah mengganti satu kali makan berat porsi normal dengan dua kali makan berat porsi kecil. Caranya, saat berbuka puasa, mulailah dengan makanan pembuka lalu salat Magrib. Usai salat Magrib, lanjutkan makan besar dengan porsi kecil. Setelah itu ibu melakukan salat Tarawih. Selesai salat, ibu menggenapi makan besarnya dengan porsi kecil kedua. Dengan demikian, kebutuhan porsi makannya tetap terpenuhi di waktu berbuka.

PERBANYAK CAIRAN

Sejak waktu berbuka hingga sahur, Etiza menyarankan agar ibu menyusui banyak-banyak meneguk cairan. "Cairan itu bisa berasal dari air putih, buah-buahan, dan susu."

Khusus susu, Etiza sangat menganjurkan ibu menyusui untuk mengonsumsinya. Kandungan kalsium pada susu sangat berguna untuk kebutuhan ibu dan bayi. "Namun, jangan langsung minum susu begitu tiba waktu berbuka karena dapat menyebabkan mual. Sebaiknya susu diminum setelah menyantap makanan kecil. Satu gelas lagi diminum menjelang tidur malam. Kemudian satu gelas lagi saat sahur." Jika tetap terasa mual, disarankan untuk minum susu kedelai.

BARENGI ISTIRAHAT

Kala berpuasa, jika ibu merasa sangat lemas sehabis menyusui, maka beristirahatlah. Entah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Ingat, sukses tidaknya menyusui, salah satunya dibarengi dengan pikiran yang tenang dan positif. "Kalau ibu menyusui yang berpuasa yakin tak akan merasa lemas, maka ia tak akan lemas. Dan jika ia yakin bisa memberikan ASI selama puasa, maka ASI-nya juga akan keluar terus."

Apalagi pengeluaran ASI juga dipengaruhi oleh isapan bayi. Semakin sering diisap, produksinya akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Menurut Etiza, ASI yang tak keluar penyebabnya lebih sering berkaitan dengan kondisi psikis ibu semisal stres. "Justru kalau di bulan puasa ibu banyak beribadah dan berdoa dengan tenang sembari tetap menyusui dan yakin kegiatan puasa tak akan menghalangi pemberian ASI, niscaya kandungan dan jumlah ASI tak akan berpengaruh pada bayi. ASI tetap akan lancar."

Ingat lo, mendapatkan ASI adalah hak bayi. Jadi, dahulukan kepentingannya. Bagaimanapun, berpuasa bagi ibu menyusui adalah pilihan. Jika tidak sanggup menjalaninya, ibu dapat menggantinya dengan bentuk ibadah yang lain. Namun, jika tetap ingin menjalani keduanya, ikuti kiat tadi. Kuncinya cuma asupan gizi yang baik dan tepat, juga pikiran yang positif.

----------------

kalo secara agama?? (wah,yang ini tolong di kasih kritik kalo salah..)

Wanita yang sedang hamil dan/atau menyusui diperbolehkan tidak berpuasa jika dikhawatirkan akan mengakibatkan terganggunya kesehatan, baik itu akan berpengaruh pada anak yang dikandung maupun pada wanita yang sedang mengandung. Hal ini tentu tidak bisa dilepaskan dengan hasil konsultasi dari pakar medis yang menangani kehamilan tersebut. Jika memang --menurut perspektif medis-- berpuasa tidak berbahaya bagi kesehatan wanita tersebut, maka sebaiknya tetap berpuasa. Akan tetapi jika puasa dikhawatirkan membawa dampak yang membahayakan kehamilan maupun ibu yang mengandung, maka diperbolehkan tidak berpuasa.

Mengenai fidyah dan qodlo puasa, berikut pendapat beberapa ulama terkait wanita hamil atau menyusui:
1. Jika ia khawatir puasa dapat membahayakan kesehatannya atau kesehatan anaknya, maka boleh tidak berpuasa dan wajib meng-qadla di luar Ramadlan tanpa membayar fidyah.
2. Jika ia khawatir puasa dapat membahayakan kesehatan anaknya saja dan tidak membahayakan dengan kesehatannya sendiri, maka boleh tidak berpuasa dan wajib meng-qadla. Selain itu, sebaiknya juga membayar fidyah. Ini adalah pendapat Imam Syafi'i. Sementara Imam Hanafi berpendapat harus qadla dan tidak diperbolehkan membayar fidyah saja.
3. Dalil yang memperbolehkan tidak puasa bagi wanita hamil atau menyusui diqiyaskan dengan orang yang sedang sakit dan musafir (orang yang dalam perjalanan). Juga berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang menyatakan bahwasanya Allah memperbolehkan kepada musafir untuk tidak berpuasa, qashar dan jamak sholat. Begitu juga bagi orang yang sedang hamil dan menyusui, diperbolehkan tidak berpuasa (H.R. Ahmad dan Ashab al-Sunan dari Anas bin Malik). Justru sebaiknya wanita hamil atau menyusui tidak berpuasa apabila puasa tersebut mengakibatkan terganggunya kesehatan ibu yang sedang hamil dan janin yang dikandungnya.
4. Ibnu Abbas, Ibnu Umar dan Said bin Jubair (Sahabat) menyatakan diperbolehkannya membayar fidyah saja tanpa harus meng-qadla. Karena qadla itu sendiri dibatasi sampai sebelum datangnya Ramadlan berikutnya. Jika sampai tahun berikutnya tetap tidak bisa meng-qadla puasa karena menyusui, maka boleh (baca: cukup) membayar fidyah saja

---------------------

heyo..caya tayitha nada cacabiya..


aow..

nama caya tayitha..

ssstt..jangan biyang-biyang ke bunda ya..bunda yagi cibuk buat bubul tuh..

aku cuyi-cuyi nuyis ini..

jangan biyang-biyang bunda ya aku bica ngetik..hihihihii... :)

aku mau itutan ten things juga doonnggg..

maca bunda ga macukin aku ke ten yist nya ciihh..

cedih deeehh...

1.aku tuh paying cuka ama buah, kucusnya picang dan apukat (jangan biyang-biyang bunda ya,aku kan mau diyet dayi kecil,biyal ga kaya nda dan ayah,hahaaahaa..)

2.aku cukanya teyiak-teyiak..aku yatiyan pokal,biyar bica nyanyi gicu yohh..

3.aku bica ngupil cendiyi yohh.. cayanya aku kucek-kucek ajah idungnyah..ntay upiy nya keyual deeehh..hehehehe..

4.aku cucah kayo dicuruh mam,aku cukanya buah aja..tapiy kayo eckim aku cuka cekaliy

5.aku ga bica kayo bangun tidul ga ada bunda..aku jadi nangis dey..kayo mau tidul aku hayus pegang bunda,mau mukanya,idung,tangan,rambut,pokoknya bunda deehh..

6.aku cuka cembul-cembul yudah,padahay bunda mayah kayo aku cembul-cembul yudah..abisnya..ceru ciihhh.. aku juga bica macukin jayi jempoy kaki ku ke muyut yoohh..hebat yaa..

7.aku punya boneka namanya tabitha..diya pake jibab yoohhh..pasti aku bawa kemana-mana yoohh..

8.aku udah tumbuh gigi yoohh..padahay bayi-bayi deket yumah beyum ada yang tumbuh gigi yoohh..

9.aku cuka cekali mandi yyoohh..acik deehh..

10.aku macih botak yoohh..yambutku duyu tak begini yoohh..duyu ada,tapi cekalang kok ga tumbuh ya??ada yang punya obat yambut?

ssttt..bunda datang..aku peygi duyu yaa..

caca...

tarawih hari pertama!!

wah terawih hari pertama alhamdulillah lancar.. emoticon

aku,dimas,talitha ikut jamaah tarawih di masjid dekat rumah (masjid komplek rumahnya dede yusuf emoticon).

untuk mempersiapkan agar talitha nyaman selama di masjid,aku bawa perlengkapan yang super komplit di dalam tas strawberi talitha;ada susu,ada boneka tabithanya(boneka talitha yang pake jilbab),ada pampers,ada minyak telon,mitu,bahkan ada baju ganti..hehehehe).

nyampe masjid,pas mau di mulai solat isya

duuhh..kebagian di luar niy.. bukan di teras, tapi bagian luar masjid yang dipakein tenda gitu dan pake alas tiker.

ada ibu-ibu yang nawarin tempat tepat disebelahnya. kebetulan sudah ada sajadah beliau juga..jadi sajadah yang aku bawa bisa buat alas tambahan untuk talitha..

rakaat pertama,talitha masih di gendong.
rakaat kedua,talitha udah ditaro di atas sajadah.

talitha sibuk aja sama 'kegiatan' barunya.

beres solat isya, ada ceramah bentar. talitha mulai bosen, aku keluarin susu dan tabitha. talitha asik deh main boneka tabithanya..

harusnya yang ceramah dede yusuf..tapi beliau sibuk,ada urusan, jadi digantiin..(waahh..harusnya ketemu artis dong??hehehehe)

pas lagi ceramah itu, ibu yang sebelah kuw lagi mangku talitha,trus ngomong ke anaknya yang ada disebelahnya:

ibu x:kak,mau ga punya adk?

anak y:...(geleng-geleng)

ibu x:lihat ni kak,lucu banget ya babynya..kalo mama punya baby lagi mau ga?

anak y:GA!!

ibu x:kakak ga mau punya adek lagi?

anak y:GA!! GA MAU!!

(talitha yang dipangku tetep cuek kaya bebek yang berenang di kali, bundanya taltha cuma senyum-senyum aja ngeliatin ibu yang memohon kepada anaknya untuk punya anak lagi,weleh weleh..)

selama taraweh, talitha anteng. jilbab yang tdnya dipakein, dilepas sama talitha.

ssttt..tau ga,selama taraweh kan talitha guling2 tuh, yang ngurusin tu si anaknya ibu yang ada di sebelah aku..

kalo dotnya gelinding;dotnya di ambilin.. kalo bonekanya lepas;bonekanya di deketin lagi..

waaahh..kayanya berhasil niy..

jangan-jangan nyampe rumah:Ma,besok adeknya harus udah ada!!

hahahahaha....

talitha mulai rewel waktu witir. talitha ngantuk..

digendong sebentar sama bundanya, talitha langsung anteng tidur..

beres witir,ibu sebelah kuw langsung bilang:'ya ampun...gampang banget tidurnya,ga ngerepotin..'

(hehehehehe..kebetulan ini lagi ngantuk banget...jadi aja pasrah..emoticon)

beres deh taraweh pertama talitha..

ibu depan rumah ngomong gini pas kita jalan pulang bareng:

'duh..malah ibu yang tadi ga khusyuk solatnya,kepikiran talitha... takut rewel. eh,malah anteng tidur..'

hehehe..

kata ayah talitha:semangat di awal lagi 100%,jadi ibadahnya 100% juga..

mudah2an seterusnya..

HARI INI TARAWEH PERTAMA TALITHA LHO...

emoticon

awal yang baik, untuk kehidupan yang baik seterusnya,amin..

marhaban yaa Ramadhan..

selamat datang bulan yang penuh berkah..

penuh kebaikan..

penuh kasih sayang..

penuh pahala..

penuh godaan dengan makanan pembuka yang enak ga nahan,hahaha.. yang ini bercanda.. (tapi agak benar juga,hehehehe..)

RAMADHAN INI TAHUN KEDUA KU BERSAMA MAS DIMAS!!

dan..

TAHUN PERTAMA KU BERSAMA TALITHA MY BABY..

weleh..

merinding banget niy..

setiap tahun ada aja bahagia yang di hadiahkan ALLAH untuk ku..

semoga aku selalu syukur..

semoga aku selalu takwa..

semoga aku selalu sadar,bahwa ini adalah titipan agar aku selalu menyiapkan diri sebaik mungkin untuk persiapan di 'hari kelak'..

met puasa untuk semua..

MOHON MAAP LAHIR DAN BATHIN..

maapkan saya bila ada salah dan khilaf yang mungkin sengaja ataw tidak..

maapkan suami saya juga yang mungkin ada salah yang sengaja ataw tidak..

maapkan juga putri kami,talitha, bila putri kami yang terlalu lucu dan cantik hingga sangat menggemaskan dan membuat orang-orang ingin cepat menikah dan punya anak,,, ya memang putri kami lucu,hahahahaha...(ppiiiiisssssssss...)

okey,,,

salam hangat dari bandung..

jatikusumo family..

peace,love and...

muaahhhh...emoticon

kekuatan bulan tlah datang!!

hari ini mood dengan kekuatan bulan tlah datang!!!

hohohoho..

tadi subuh bangun jam 4.. merancang kegiatan,mengumpulkan energi,semangat dan kekuatan!!hahay..

habis solat subuh masih belum mulai kegiatan pertamanya..

tunggu beberapa saat..

trus..

baru mulai setengah 7!! hahahahaha..

langsung ambil peralatan. aku n dimas emang rencana mau pasang kawat2 di lubang2 ventilasi.

potong memotong, paku memaku..

sampe ya baby walkernya talitha di bawa ke loteng tuh bareng kita..dari pada dia nangis di bawah,mending berjemur di atas,hehehehe..

(kita bertiga di loteng ajah tuh..berjemur di bawah sinar matahari pagi dengan latar belakang musik nyanyian 'setangkai anggrek bulan' nya mas dimas i love u..hmm...)

beres itu,kita sarapan yang sebenarnya ga sehat tapi dibuat sehat karena pake telor dan wortel..hehehehe.. sarapan mie!!hahahahaha.. cuek..

beres sarapan,dimas siap2 caw,ada presentasi skripsi..

saya?? beres2 rumah yang udah hampir meledak gara2 nyonya rumah kemaren ga mood abis!!

sekarang??

hohohoho.. rumah sudah cling kinclong rapih bersih!!

nyonya rumah sendiri sudah asik ngeblog dengan mug berisi coklat hangat-hangat kukuw..

dan badan yang sudah segar karena semedi dengan lulur pas mandi!!

weenak tenan reekk...

siang ini mau ke toko..

mau foto2 barang-barang yang mau di pajang di internet buat menyambung hidup demi sesuap nasi ! (welehh..lebay ga nahan!)

trus ke rumah sakit, mau pijat bayi a.k.a talitha..

oiya.. kenapa coba tiba-tiba ada kekuatan bulan datang??

gara-gara kemaren ketemu sama rekan yang mau di ajak berbisnis ria youghurt..

emang enak youghurt nya..(thx yaya,udah memberi koneksi ni..)

ibunya baik pula.. dapat harga yang lumayan layak karena youghurtnya top marsiyah..

mudah-mudahan lancar ya.. amin...

mood lagi amat sangat jelek niy..

mood lagi sangat amat jelek..

jadi males beres2 rumah..

jadi males buatin talitha bubur..

jadi pengen pindah rumah (ini mah udah lama pengen nya..pengen pindah secepat nya dari sini..)

jadi ga mood buat ke dapur ataw kamar mandi..

jadi bete (latar musik:bete nya dewiq..)

padahal kemaren udah di isi tenaganya sama dimas n talitha..

kita jalan bareng..

makan enak..

dimas mesen sirloin,saya makanan korea..

kurang energi apa coba??

tetep aja mood buruk pas nyampe rumah..

kemaren sempet ga mau masuk kamar kompi..

ga masalah ga bisa ngenet..

sekarang pun karena mau majang produk yang mau dipasarin (sekali lagi,masih latian..gaptek ga nahan..)

duuuhh...

mood dengan kekuatan bulan..

datang laaaaaaahhhhh...

masih ingat si koneng??

masih ingat si koneng??

yup!! yang BARU melahirkan beberapa hari yang lalu..

yang anaknya jga udah ga tau ke mana di bawa sama emaknya..

yang SEKARANG di depan rumah lagi di satronin 2 kucing jantan AGAIN!!

emang masa produksi kuncing tuh berapa kali siy selama sebulan??

gila ye.. baru aja si koneng ngelahirin,udah diserang lagi aja..

kasian banget si koneng..

sekarang dia lagi ngumpet,ga berani keluar..

tetangga depan rumah teriak gini: koneng mah psk!!

beuuhh... galak amat bu??

koneng kasian juga kali ya..

kucing kembang kampung yang mungkin hanya satu2nya yang masih cling di daerah ini..

ohh... sabar ya koneng...

katanya saya itu...

You Are An ISFJ

The Nurturer

You have a strong need to belong, and you very loyal.
A good listener, you excel at helping others in practical ways.
In your spare time, you enjoy engaging your senses through art, cooking, and music.
You find it easy to be devoted to one person... a partner who you do special things for.

In love, you express your emotions through actions.
Taking care of someone is how you love them. And you do it well!

At work, you do well in a structured environment. You complete tasks well and on time.
You would make a good interior designer, chef, or child psychologist.

How you see yourself: Competent, dependable, and detail oriented

When other people don't get you, they see you as: Boring, dominant, and stuck in a rut

coba aja nihh...

6 bulan talitha di dunia..



9feb08 jam 01.00: talitha lahir ke dunia, dengan berat 28,6kg dan panjang 48,5cm

14feb08:talitha divonis dokter sakit kuning,disuruh rawat selama 3 hari. tapi babenya meyakinkan kalo bisa melewati ini cukup perjuangan lewat asi..

15feb08:aqiqahan talitha

19feb08:imunisasi 1st BCG, pakai anting pertama kali

9mar08:imunisasi BCG 2 combo HEPATITIS B 1&2(HB)

20apr08:imunisasi DPT 1, HB 3,

23mar08:imunisasi POLIO 1 (P1)

7mei08:perjalanan pertama ke bogor, acara keluarga di bogor..

4juni08: imunisasi P2,DPT2,HIB1

5juni08:ke wisudaan bunda..

12juni08:talitha bisa tengkurep sendiri

13juni08:mengambil mainan gantung di kereta babynya

28juni08:1st day,bobok sendiri di baby box nya malem harinya

29juni08:pake jilbab untuk pertama kalinya

18juli08:membalikkan badan dari posisi tengkurep ke terlentang

28juli08:makan biskuit milna pertama kali:rasa beras merah

29juli08:goes to lembang perta kalinya,pake motor pula...ckckck..

2agust08:phytobiophysic;agar lelap tidur..

3agust08:buah pisang untuk pertama kali

4agus08:imunisasi P3,DPT3,HIB2

9agust08:bubur buatan bunda pertama kali;beras merah+wortel

11agust08:naek kursi roda pertama kali

13agust08:susu bubuk lactogen pertama kali

18agust08:tumbuh gigi!! gigi seri bagian bawah

20agust08:es krim pertama kali

24agust08:naek kereta pertama kali

27agust08:makan youghurt n kurma pertama kali

7sept08:posisi kuda-kuda (merangkak)

halow bandung..

kami sekeluarga sudah di bandung lagiy..

aow bandung?? apa kabar??

hahahaha..lebay..

nyampe bandung tepatnya rumah kami terjintah ini minggu magrib. pas banget lagi adzan..

ya ampyun,ada cerita seru selama perjalanan dikereta..

kereta belom berangkat,emak n babenya talitha jail banget..

kita ngasih es krim ke dia..hahahaha.. dia suka banget,dingin2 piye gituh..

eh trus talitha pup..

weleh,piye yo??

ke kamar mandi..ribet juga ya,sempit banget dan pastinya ga ada gitu tempat yang khusus buat baby nya (yaeyalahhh..)

jadi aja bersihinnya sambil berdiri di toiletnya.. untung talitha udah dibiasain bersihin/nyebok di kamar mandi. jadi dia ga reseh..

nyampe kursi lagi,dia ngantuk..tidur deh..

selama 1,5 jam dia tidur. pas bangun masih ngerjip2 gitu.. eh langsung belalak gitu matanya,takjub melihat pemandangan diluar kereta..

trus dia langsung duduk aja,ngoceh2 ga jelas,girang banget gitu..

'ini namanya kereta nak,kalo jalan tut..tuuut..tuuut..'

sisa sepanjang perjalanan talitha ga rewel,dia seneng banget naek kereta..

jadi tiketnya disimpen ama emaknya,buat kenang-kenangan talitha pertama kali naek kereta..

hahahahahahha..(kata nyokap,kalo anak pertama masih tuh yang rajin nyatet perkembangan,rajin nyimpen hal2 kenangan,ntar kalo anak kedua,ketiga,kesepuluh,welehh...mana sempaaaatttt???hehehehe.)

Friday, September 12, 2008

ikatan alumni insan cendekia..

duuhh...seneng banget sama IAIC,yang udah ngelink blog kuw..

baru tau nih..basi banget ya??hehehehe..

ini nih saudara-saudara perjuangan di INSAN CENDEKIA SERPONG..

klik di sini..

semoga silahturahmi kita tetap terjaga ya..

walo jauh,tapi seneng banget bsa tau kabar teman2 yang jauh..

ada yang menikah,ada yang lahiran,ada yang sibuk TA,ada yang sibuk kerja..

salam..

FEBRISKA MASKARINA,S.H.

ALUMNI INSAN CENDEKIA ANGKATAN 2004

MALTAVISTA

afc..(love it!!)

afc (asian food channel) adalah salah satu channel fav akuw di indovision.

isinya ya masak,makan,masak,makan,masak,masak... all about food!!

tapi ya,bedanya kalo nonton om bondan aku tuh malah jadi ngiler pengen makan dan tiba2 nafsu makan melonjak. tapi kalo nonton afc,sangat tertarik sekali,tapi ga jadi yang kalap pengen makan..

ada cook like a chef;

chef terkenal yang masak2 gitu. biasanya beberapa makanan yang dimasak,dengan tema yang sama (daging,crab,dll). trus diajarin juga strategi ala mereka,cara masaknya,cara nyajiin..

beres masak semua mcm masakannya,trus di makan deh sama chef n asisten2nya..

y ampyun..udh d hias2 heyboh,dimakan aja dgn lahapnya,hehehe..

ada the cookworks..

di acara yg ini,bebeapa orang dikumpulin gitu.. trus misalnya maw masak dgn tema coklat. mereka diajarin cara milih coklat yg baik,dicicipin juga biar tau bedanya..

diajarin juga milih peralatan yang baik untuk masak. diajarin cara masak dari hal tersimple seperti motong.trus diajarin ngias juga..

ada juga sugar...

kalo ini ya buat yang manis2 gitu..

ada restaurant makeover..

nah yang ini tuh kaya judulnya aja, desain ulang restauran,sekaligus nyobain resep2 yang tersedia di restauran itu,sekaligus di makeoverin dikit juga resepnya..

kalo chef in black..

mungkin karena chef nya setiap keliling2 ke mana2 gitu pakenya baju hitam (??) jadi namanya chef in black (hehehe..).

chefya keliling2 negara-negara. ngeliat masakan-masakan ciri khas daerah ersebut,trus pas balik dari daerah tersebut resepnya dimodifikasi sama si chef nya..

yang palng diinget di acara yang ini, chefnya tuh suka bilang kalo masalah masak, dari pilih bahan sampai pas masaknya yang utama itu aromanya.. semua bisa ketauan baik dan sempurna dari aromanya..

jadi inget jung gem waktu lidahnya mati rasa, dia jga gunain insting penciumannya,jadi ya dengan aroma gitu..malah pas saat itu,masakan dia paling dipuji sama raja..

ada juga martin yan's..

chefnya si pak yan (sok kenal banget!),keliling2 gitu,,makan2,trus masak..

hampir mirip kaya om bondan. tapi om bondan mah jarang masak2..

ada sizzle,malaysia road feast,the food bachelor,.....

ah..banyak deh..

tapi yang paling ketara banget, kalo chef nya cewe ataw cowo..

kalo cewe tuh masaknya lembut,halus..

kalo cowo masaknya bersemangat..

ya begitulah..

(dengan nonton afc, jadi bisa masak ga ya aku???hahahahahaha)

ternyata sempet ngeblog,,,uhuy!

20agust08

nyampe apartemen udah malam. waduh,berantakan booo..

ntar deh beres2nya,capek banget perjalanan dan selama perjalanan talitha boboknya di peluk aku..

mana tadi sebelom berangkat ke dokter kulit talita,dan selama itu dia maunya digendong..

lumayan ah ya bu,tangan pegel..

talitha udah ngucek-ngucek mata.. bobo dulu...

****************************************

21agust08

bangun jam4,dibangunin suami. solat,trus beres2..

jam setengah 6 udah beres semua. ngerapiin barang,nyapu,ngelap2,nyuci,ngerebus botol talitha..

sekarang lagi buat bubur talitha... yang standar aja,yang udah pernah dibuat.

beres bubur,mau bersihin kamar mandi sekalian mandi...

ooohhh... pegaaaallll... tapi aku seneng beres2.. itung2 olah raga,walo pun tidak bisa disamakan..hehehehe

hari ini rombongan mbah dateng, kita mau ke aqiqahan nawla a.k.a anaknya mas yhan..

untung bawa rendang dari bandung. jadi tinggal manasin. sama ntar numis bayam aja..(numis??catet!!) rodo ga nyambung ya??rendang kok sama tumis bayam??hahahaha.. cuekk...

aqiqahan nawla jam 4 sore siy..

tapi ga tau kita berangkat jam berapa..

hari ini baberesan aparteman pak'e aja..

duuhh..sayang kolam renangnya ditutup..kalo ga,hari ini ajak talitha berenang..

eh,liyat tv, trus ada terapi ketawa??? weeeettttt??? naon iye teeehhh..

katanya buat ngehindarin stres gitu.. dan mereka ketawa-ketawa ajah gituuu..

tapiy,mereka bisa membedakan anatara GA STRES dan GA GILA kan????

hahahahahaha...ppppiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiissssssssssssssssssss... atuh aaahhh...

itulah perkembangan ilmu..ono2 wae.. ada aja kreativitas yang dikembangin..

---------------

mbah dateng,jemput ke bawah. pas di lift ada 2 cewe arab ber-abaya ria dengan jilbab hitamnya juga..

mereka ngobrol pake bahasa arab.

mencoba curi-curi dengar,karena mau ngetes apa masih bisa nih bahasa arabnya..

dan hasilnya??? eng ing eng..

GA KEDENGERAN!! hahahaha..

--------------------------

laporan perjalanan aqiqahan nawla:

kita berangkat dr apartemen agak sedikit ngaret..

dan parahnya,kena macet karena di tol ada mobil terbakar(innalillahi..).

alhasil ga ikut acara deh,hehehe..nyampe jam setengah 6,acaranya jam4!!!

padahal talitha udah dandan abis(halah!!). talitha pake baju kimono, oleh2 dari pak'e waktu ke jepang wisudaannya mbak putri di universitas tokyo (lengkap meen penjelasannya..hehehe)

emaknya talitha pake baju batik modifikasi.. kok beda emak anak anak?? temanya adalah:indonesia vs jepang!!hahahahaha

trus kita pulang. nyampe aparteman udah malem banget!! tepar deh semua..termasuk sayah...hehehee..

***********************************************

22 agus 08

hari ini bisa ngeblog..

tadi bangun jam 4,langsung nyiapin sarapan. karena bule n anakya pulang pagi. sekalian nyiapin bekal buat di jalan.

mbah ngurus buat umrah yang selama sebulan selama ramadhan dengan wisata hatinya yusuf mansyur..

saya??tidur2an.. sempet bersihin kamar mandi dalem n luar.

hari ini bubur talitha pake kentang,ga pake beras..

kita serumah lagi sakit perut... dan mencurigai salah satu makanan yang sama2 kita makan..

tadinya mereka menuduh buah mangga tak berdosa. tapi berhubung riska ga makan mangga, jadi tersangka di alihkan ke makanan yang lebih memiliki andil cukup kuat sehingga menimbulkan banyak korban...(hehehehe...bahasane...)

sekian dulu deh.. laper..hehehehe

puding youghurt-strawberi

puding ini baru di buat kemaren dgn modal nekad dan ilmu pede..hehehe..

kenapa tiba2 buat puding?

17agustus kemaren dpt kiriman dari tetangga banyak..

sebelah kanan rumah ngirim nasi kuning, depan rumah pempek, serong kiri sayur asem..

jadi aja piring2 itu menumpuk dirumah dan mau dikembalikan si-empunya..

hhhmmmm...gmn kalo di isi puding??

lalu riska si-nyonya rumah dirumahnya sendiri beraksi..

liat isi kulkas,obrak-abrik...jeng jeng...

tatatatatttattaaa.....

PUDING YOUGHURT-STRAWBERI

bahan:

-agar-agar biasa 2 bungkus

-gula 12sdm

-susu kental manis 100ml (terserah sihh..maw manis ataw ga.. tp ini jdnya ga terlalu mns,biar asam yoghrtnya terasa..)

-youghurt botol sing 370cc(yang ada 'king' nya gitu..) rasa strawberi.. setengah buat pudingnya,sisanya buat hiasan diatasnya..

-strawberi

-air 1800ml

cara membuat:

-rebus air,agar,gula,susu,youghrt sampe mendidih,dinginkan,masukin cetakan (bisa jadi 4 cetakan mangkok sedang..),masukin kulkas

-keluarin puding dari cetakan,taro dipiring..

-hias atasnya dengan siraman youghurt strawberi,trus taro buah strawberinya..

-nikmati selagi dingin....

(dan malam ini dpt kiriman tek wan :p)

makan bareng RT 01..

kemaren, lingkungan rumah ku di RT 01 ngadain makan bareng dalam rangka 17 agustus. seru banget deh..
ini emang yang pertama kali kalo di lingkungan rumah kami ini bagi kami bertiga (aku,dimas,talitha)
tapi kalo dirumah bogor a.k.a rumah bapak mertua ku,kita mah udah biasa makan bareng sama tetangga-tetangga. ada aja acara yang diselenggarain dengan judul ngumpul macem-macem..(sangking deketnya tetangga di komplek rumah pak'e, pernah liburan bareng gitu ke bali.. dan katanya tahun depan maw liburan bareng lagi ke bangkok ceunah,weleh..)

ngumpul tadi sebenernya emang ga ada yang 'wah' banget. keuntungannya ya kita bisa tau aja tetangga-tetangga kita,dan yang lebih utama ya tetangga kita tau keberadaan kita,hahaha..

yang mengejutkan (lebay..),tadi tuh ada beberapa tetangga yang bilang gini:
ini lho yang suka teriak-teriak,sampe kedengeran ke rumah kakek...

haaahh??

yup!! talitha tuh hobinya teriak-teriak.. padahal ga nangis,,tapi ya itu teriak-teriaknya ga nahan booooo!!
apalagi tetangga sebelah rumah dan depan rumah, kalo pagi keluar bawa talitha, pasti aja ditanyai:tadi malem kenapa talitha teriak-teriak??

weleh..suer deh baby nya ga di cubit ama emaknya..
talitha mah emang doyannya teriak-teriak.
bahkan kalo ada yang nelpon ke aku, trus talitha lagi teriak-teriak,trus yang nelpon nanya kenapa talitha,
aku selalu jawab:'biasa,latian vokal...'
heheheehehe

talitha ku sayang jatuh dari kasur..

kemaren pas 17 agustus, disaat annisa pohan melahirkan anak pertamanya di jakarta sana, dibandung tepatnya di rumah kami tercinta talitha jatoh dari kasur..

duuuhh..sedih banget pas denger suara dia jatoh;'duugg',dan beberapa saat kemudian suara tangisan yang meledak-ledak...
(emaknya lagi nyiapin air buat mandi, babenya lagi di depan kompi..Talitha sendiri ada di kasur di kamar kompi..)

saat itu langsung aja jantung deg-degan banget..weleh..lali kalo anakku udah lasak a.k.a banyak gerak..

padahal,kasur yang di kamar kita tuh udah diturunin dari ranjang,udah ngemper di bawah. karena menghindari talitha jatoh..
kasur yang di kamar komputer ini emang kasur spring bednya di bawah. tapi kasurnya emang agak tinggi.. jadi kalo jatoh,ya tetep aja sakit buat ukuran kepala bayi yang ubun-ubunnya masih terlihat denyutnya..

bunda harus ekstra super duper hati-hati ngawasin talitha..

apalagi ni ya,semenjak talitha sudah bisa mengendalikan kursi rodanya (dengan tidak jalan mundur aja,tapi udah banyak arah),talitha suka ngamatin kita alo kita ngelakuin sesuatu,trus dia mau nyoba gitu.
kaya waktu ambil minum di dispenser.. tau-tau tuh si baby dengan kursi rodanya mendatangi dispenser dan berusaha memainkan tempet ngeluarin air nya (opo to ya nyebutnya??)

kalo pun kita udah mengalihkan ke hal lain, dan dia sudah terlihat antusias,pas udah selesai dengan hal itu talitha yang keinget lagi gitu tujuan awalnya.. trus dia melaju dengan kursi rodanya menju tempat sasaran pertama..
weleh..cerdas nya bok anak ku ini..

merdeka!!

seperti biasa, setiap tanggal 17 melihat ritual upacara bendera di istana..
ga pernah bosen,walopun ya gitu-gitu aja tiap tahunnya..

dulu,cita-cita banget pengen jadi tim pengibar bendera di istana. bahkan,sampe detik ini,pas lagi nontom di tv,aku bilang sama talitha:
nak,lihat deh itu,,dulu bunda pengen banget lho ikut ngibarin bendera di istana..dulukan bunda paskibra juga pas SMA..

bayangin dong..rasa ingin itu tetep ada..

dari zaman putih-merah seragam SD sampe sekarang udah punya anak!!ckckck..

magnet banget tu kerennya menjadi 'sosok' yang dilihat seluruh indonesia setiap tahunnya..

kalo dulu pas SMA,kalo kita habis upacara 17 agustusan (dengan suksesnya menunjukan formasi yang 'cantik' banget), pasti kita seluruh paskibra,baik senior maupun junior, kumpul dan minum softdrink.. dan itu pun tiap tahunnya variasi masing-masing angkatan..

seneng banget menjadi bagian yang tetep bangga menjadi bagian dari indonesia,ditengah beberapa hal yang buruk yang tertanam di bumi ini..

tapi,ini lah indonesia..kalo mau indonesia maju,kita individunya harus menyadari untuk maju dan berkembang..

negara itu mencerminkan individunya..

jangan ada lagi yang bilang:ahh..jam karet!!biasalah orang indonesia..

ten things 'bout me a.k.a riska

ten things 'bout me a.k.a riska (nyonya rumah dirumahnya sendiri,hehehe)

1.riska tuh suka banget membuat variasi jus/minuman dan perpudingan,tapi paling ga kreatif kalo masalah MASAK!! cuma bisa tumis menumis,atau sambel kecap(dari tempe ampe daging!!hahaha)

2.paling ga suka sama yang namanya jamur,nenas,sayur nangka!!ohh..andai tidak ada makanan-makanan itu di dunia ini..

3.semenjak ada talitha,ga bisa tidur kalo talitha ga ada di sebelah. padahal udah sepakat,talitha harus tidur dikasurnya sendiri. walo udah dipindah ke kasurnya sama babenya, pasti pas malemnya,sama emaknya talitha diculik untuk bobok bareng... huhuhuhu..sori ya suami,sulit sekali...

4.suka banget sama minuman coklat,all about cizz,salad,klaapertaart,tiramisu,pokoknya makan enak yang berefek samping membuat badan melar a.k.a gendut!!

5.paling males disuruh olah raga (padahal dulu mah rajin bgt olah raganya..). ini semenjak ga maen basket lagi!! kalo dulu,pas maen basket udah ngos2an pertanda berat badan naek n harus olah raga,,, sekarang?? tidak ada indikasi harus olga karena berat badan naek,hehehehe..

6.pengen banget nerusin S2 di notariat ataw hukum bisnis:pengen jadi dosen,konsultan dan notaris..(amin)

7.sedang berusaha belajar bisnis online,walo agak bermalas2an.. pengen punya penghasilan sendiri dari bisnis..

8.paling suka smsin orang-orang untuk sekedar say hay..(diajarin dari kecil ama bokap untuk selalu jalin silahturahmi,dan ga pelit untuk itu...)

9.paling seneng kalo beres2 rumah,tapi paling males kalo nyetrika.. dulu suka menyetrika,kalo sekarang??udah capek sama yang laen,jadi tenaga nya udah low bat kalo nyetrika(alesan aja!!). jadi aja nunggu mood datang bersama kekuatan bulannya...hahahaha

10.paling ga nahan kalo di kasih yang berbau 'tv series' seperti heroes, 24 hours, dan teman2nya yang berseri2.. karena akan berakibat 'rasa penasaran berkepanjangan' dan tidak akan berhenti nonton sebelum selesai semua serinya.. ooohhh..

eh, harus 10 ya?? kayanya masih banyak nih..kaya kereta apai tuu tuuut tuuuut... :)

pengen juga dong ten things nya:

1.suami aku tercinta (kurang apa ya yang dirumah??hehehe)

2.ratih..yang selalu nemenin kalo aku di rumah kesepian,hahaha

3.mbak astri nugraha.. hmm...jauh di australi sana siyapa tau membuat tambah deket sama yang di bandung,hehehe

4.v3.. yang lagi minjem contoh2 baju nikah gw..hohoho.. sebelon elo 'diculik' pria mu untuk selamanya, semoga kita bisa berbagi kedekatan sebagai teman..

5.gepz.. yang entah mengapa dulu kita tidak akur.. padahal kalo dipikir2 kita tuh ga beda-beda amat..hehehehe..(kalo ga salah,gepz ada blog juga..)

6.hilman,my bro.. walo saudara,tapi kita kayanya masih butuh lebih banyak pendekatan..hehehe

7.raditya dika,penulis gokil.. yang ngebuat aku jadi rajin nulis.. karena menulis itu sama aja kaya ngasah pisau,samakin di asah akan semakin tajam..

8.mbak putri ku sayang... sebelum pindah ke malay yang ntah kapan aku bisa nyusul,hehehehe

9.blogger di sebrang sana...hay semua pecinta dunia menulis!!

10.pak'e... blognya biar diisi lagi,,hehehehe

si koneng..

koneng itu kucing yang berwarna kuning..hehehehe..

koneng ni kucing liar yang sempet kita (aku n dimas) rawat waktu awal-awal tinggal di rumah ini (awal tahun 2007).

aku tu bukan pecinta berat kucing (walo kucing tu binatang kesayangannya rosul),tapi pas liat koneng;ni kucing cantik...

walo aku n suami mengasuh koneng,tapi koneng ga boleh masuk rumah. karena nyonya rumah punya asma..

trus koneng hamil.. pas ngelahirin,baby nya lucu banget. ada 4. kita rawat tuh baby-baby ama emaknya. dikasih makan (jangan salah,makanan kucing yang lumayan terkenal itu tuh..), tempat tidurnya kita alasin kain biar hangat,dimas juga rajin ngebersihin tempatnya..

pokoknya mah:

riska-yang-tadinya-ga-suka-kucing-jadi-cinta-ama-kucing-

walo-ga-cinta-mati-juga-ya-hanya-cinta-sekedarnya..

sakit hatinya:

pas kita pulang ke bogor,padahal cuma bentar,tapi kita udah ninggalin makan juga,ehhhhhhhhhh..anak2 nya koneng di bawa koneng entah ke mana...

sedihhh..

pas ketemu koneng,aku nanya:

aku:koneng..

koneng:...(cuek)

aku:anak mu mana??

koneng:...(???)

aku:anak-anak mu kamu bawa ke mana??

koneng:...(siiiiiiiiiiiiiiiinggg..krik krik krik..)

aku:..........

dan setelah itu, koneng pun hamil lagi..

tapi aku n dimas udah cuek kaya bebek yang berenang di kali,,

pas lahir pun,ntah di mana tu baby2 nya..

dan hingga suatu hari koneng hamil lagi..

aku:koneng kamu hamil lagi??

koneng:....(???)

aku:kamu ih,gengsi dikit napa ama cowo,masa hamil mulu..

koneng:...(cuek..)

aku:koneng???!!

koneng:...(siiiinggg..krik krik krik..)

aku:.............................................(??????)

dan tadi malam pun koneng melahirkan

ditempat favorit dia untuk bersembunyi dari kucing-kucing jantan yang bersiap menerkam koneng kalo lagi 'masa produksi'

di tempat sepatu rumah ku..

ooohhh...........

tadi pagi pas nyuapin talitha baru ketauan,

kasian banget koneng: baby nya 2, 1 mati..

uuhh..

aku:koneng,kamu laper??

koneng:meong...

aku:ooohhh...

kok ga haid ya pas masa asi eksklusif??

saya tergolong yang silkus haidnya jadi 'aneh'
waktu asi eksklusif..
sempet cemas si..
bahkan hampir tiap bulan test pack,hehehe..
trus dapet ini ni,dari balita-anda.com 
 
semoga bermanfaat :)
-------------- 

Menyusui secara eksklusif telah terbukti sebagai salah satu cara mencegah kehamilan yang sangat baik.

tapi ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi, sehingga metode ini dapat digunakan secara efektif.

Metode menyusui eksklusif ternyata 98-99.5% efektif dalam mencegah kehamilan,

selama memenuhi kondisi-kondisi di bawah ini:

- Bayi Anda berumur kurang dari 6 bulan

- Anda belum mendapatkan haid kembali

- Bayi diberi ASI secara rutin (siang dan malam), hanya diberi ASI saja (atau dengan sebagian kecil makanan pendamping ASI lainnya)



HOW CAN I MAXIMIZE MY NATURAL PERIOD OF INFERTILITY?

Kapan kembalinya 'masa subur' ibu setelah melahirkan sangat bervariasi dan
bersifat personal, juga bergantung pada pola menyusui bayi
dan seberapa sensitif tubuh ibu terhadap hormon-hormon
yang terlibat dalam kegiatan laktasinya.


- Frekuensi menyusui dan jumlah waktu yang dihabiskan untuk menyusui setiap
24 jam adalah faktor terpenting pada kembalinya masa subur ibu:

seorang ibu cenderung mengalami kembali masa suburnya
jika frekuensi menyusui baby dan/atau lama waktu menyusui bayi mulai berkurang,
apalagi jika perubahan itu berlangsung mendadak.

- Di beberapa populasi masyarakat, riset menunjukkan bahwa:
menyusui di waktu malam memperlambat kembalinya masa subur sang ibu

- Suatu studi menunjukkan bahwa para ibu yang dipisahkan dari bayi mereka
(tetapi memerah ASI nya untuk seluruh kebutuhan anaknya),
memiliki resiko untuk hamil lebih tinggi (5.2%) selama 6 bulan pertama

- Pengenalan makanan padat juga dapt menjadi faktor kembalinya masa subur ibu.
Sejak bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat (jika ibu belum mengalami siklus haid lagi),
periode alami 'ketidaksuburan' dapat diperpanjang dengan cara:
* dahulukan dengan menyusui sebelum makanan padat diberikan,
mulai mengenalkan makanan padat secara bertahap

* aktivitas menyusui tetap tidak dibatasi.



Anda dapat mengalami KB alami yang efektifitasnya lebih tinggi,
yaitu dengan mempraktekkan 'ecological breastfeeding':

- selalu berdekatan dengan bayi Anda

- menyusui secara rutin (siang dan malam)

- menyusui untuk menenangkan bayi Anda

- menyusui dengan posisi berbaring (waktu istirahat siang atau tidur malam)

-tidak menggunakan botol atau 'dot'



Jika Anda mempraktekkan 'ecological breastfeeding':

- Peluang kehamilan secara praktis :

0% selama 3 bulan pertama,
< 2% antara 3-6 bulan,
dan sekitar 6% setelah 6 bulan
(dengan asumsi ibu belum mengalami masa haid kembali)

- Waktu rata-rata untuk ibu mengalami kembali periode haidnya adalah 14.6bulan

- Para ibu yang siklus haidnya kembali lebih cepat cenderung 'tidak subur' di masa siklus- siklus pertamanya.

- Para ibu yang siklus haidnya kembali lebih lambat cenderung mengalami masa subur sebelum haid pertamanya.

(Source: Natural Child Spacing and Breastfeeding by Jen O'Quinn)

-----------------
 

7 hal terhepi dan 7 hal tersedih in my life..

7 HAL TERHEPI

1.terlahir di bumi dari orang tua yang hebat

2.menikah dengan mas dimas (i love you)

3.punya talitha nada salsabila a.k.a my baby..(dari hamil-melahirkan normal-menyusui-merawat dan menjaga,menyenangkan lah..huhuhuhu)

4.lulus IC dan kemudian lulus SPMB

5.sarjana hukum dengan hasil memuaskan..(sidang yang menegangkan,judisium yang mendebarkan,hahaha)

6.bulan madu ke bali (walo sedikit agak basi,karena udah terlanjur hamil..hahaha)

7.waktu dimas bilang:i love you.. hehehehe..(karena...?? ya begitulah..hehehe). dan ketika dimas muji masakan kuw..huhuhuhu..

(banyak lah yang buat hepi..banyak banget!! tapi kalo di tulis semua,bisa2 kereta api tut tuuutt,,,hahahaha)

7 HAL TERSEDIH..

1.pas tau nyokap operasi karena hamil anggur,tapi setelah 3bulan kemudian krn aku ngeliat bekas jaitan di perut nyokap..(alasan ga di kasih tau:krn waktu itu riska lagi ujian,takut buat khawatir..)

2. pas tau bokap sakit,setelah 28hari..alasannya:karena riska hamil muda,ntar pasti pengen pulang ke palembang,dan itu sangat membahayakan janin..

3.pas om tersayang meninggal.. baru tau 4bln kemudian

4.ga lolos UM UGM dan ITB (hikkss..padahal pngn bgt masuk desain ITB)

5.talitha divonis kuning,dan gagal inisiasi dini.. (desperate bgt lho wktu itu,untung aja suami ku mantap,menguatkan hati istrinya..)

6.batal PKPA!! (ahh..bete!!ga profesinal bgt siy..)

7.berantem ma nyokap krn hal sepele,yang akhirnya aku nangis2 ke nyokap minta maap karena nyesel banget!! (maap ya bun..)

(ada si beberapa..tapi yang diatas ya paling sedih..)

maw maw maw duong..

7hal tersedih dan terhepinya:

1.mas dimas ku

2.ade :)

3.ratih

4.ulli

5.v3

6.mbak putri :)

7.siapa saja yang berkunjung ke sini.. kasih tau saya ya... :)

plis ini mah bun..

berubung nyokap lagi di bandung,sekaliyan mau membudidayakan ilmu masak yang dimiliki nyokap..

hari pertama di bandung, langsung aja kita masak heyboh pisan: sop buntut dan rendang..(ckckck..)

my bro nyeletuk:ni,belajar masak tu sama ibu,masak kamu ga bisa masak mulu,,,(uugghhh...bener siy,tapi kan memang sedang berjuang,hehehehe)

semangat ni bantuin nyokap.

pertama ya nyiapin bumbu-bumbu..

bingung banget ngeliyat nyokap nyiapin bumbu buat diblender dengan begitu 'ringan' nya,tanpa timbang menimbang atau hitung berhitung (halaaahhh..)

aku:bu,berapa aja bumbu-bumbunya?

ibunda:ngasal aja

aku:???

aku:kalo ga enak?

ibunda:kan selama ini enak,berarti ga salah kan?

aku:iya sih...(???)

jadi,kapan gw bisa masak???

ah si ibu mah, maw ngajarin masak tapi pake 'ilmu hitam' yang telah berguru dan menapaki dunia berpuluh tahun..

dan ketika anaknya maw minta diajarin masak, eh malah bilang:'ngasal aja'

beeuuhhhhhhhhhhhh....

mantap ibunda mah..

Phytobiophysic

2minggu yang lalu,aku n suami ikut salah satu terapi baru. terapi dengan menggunakan energi bunga,ataw Phytobiophysic..

terapi macam apa sih Phytobiophysic ??

Suatu teknik yang menggunakan energi dari tumbuhan untuk menormalkan kelemahan energi organ - organ yang ada didalam tubuh manusia.
Teknik ini mempunyai prinsip pada pemanfaatan energi cahaya matahari yang diserap oleh bunga-bunga yang berwarna-warni. Setiap warna memancarkan energi yang berbeda-beda dimana energi yang timbul adalah hasil fotosintesa yang terjadi dari penyerapan cahaya matahari dalam proses metabolisme pada bunga tersebut. Energi inilah yang sangat cocok untuk memulihkan kesehatan organ-organ tubuh kita yang sedang dalam keadaan sakit.

Sistem ini telah terbukti di manca-negara, dapat membantu penyembuhan +/- 300 macam penyakit yang meliputi :
asma, kolestrol, darah tinggi, penyakit jantung, hiperaktif, capek berlebihan, gangguan liver, asam urat, rematik, trauma, rasa khawatir berlebihan, stress, depresi, migraine,wasir, rasa kesemutan dikaki/tangan, anak lamban belajar, gangguan tidur, korban narkoba, prostate, lemah syahwat, kesuburan, gangguan menstruasi,vertigo dll.

kita berdua tau terapi ini dari bapak mertua ku,yang udah ikut sebelumnya. kita sekeluarga diperiksa oleh tante titin,si terapis.

kalo ga salah, terapi ini ditemukan oleh dokter diana,asalnya siy malaysia ceunah..(hehehehe..lupa euy)

cara terapinya?

salah satu tangan kita disuruh diangkat sejajar pundak. salah satunya lagi di paha. si terapi akan memegang titik-titik tertentu dan salah satu tangannya menekan tangan kita yang sedang terangkat. bila tangan kita jatuh, maka organ yang berhubung dengan titik yang di tekan, sedang bermaslah a.k.a sakit.

bisa juga buat ngecek, apa kita butuh akan sesuatu,ya contohnya makanan.

caranya sama,salah satu tangan di angkat sejajar pundak, satunya lagi megang tu benda ataw makanan. kalo hasilnya apakah tubuh kita membutuhkan dan hasilnya positif untuk tubauh, tangan kita ga akan jatuh ketika ditekan..

aku nyoba tes yougurt,coklat,dan beberapa makanan lah..hasilnya:tubuh ku butuhin dan efeknya positif..(hohohoho...i love it..)

hasil terapinya??

organ-organ ku baik. ya walo ada yg kurang,tp g mslh..jadi ga perlu terapi lanjutan. tapi kalo suami ku harus ikut terapi lanjutan.

selama terapi, kita dikasih minum obat-obat yang dibuat oleh tepung dan disemprotkan energi bunga.. 1 jenisnya a.k.a 1 botolnya seharga 250rb!! gile bener..

sehat itu emang mahal jeg..

puding fanta-oreo

PUDING FANTA-OREO

bahan;

-oreo 1 bungkus (ambil bagian yang itemnya aja,yang putihnya kasihin aja ke anak2 kecil,pasti pada mau,hehehehe) trus remukin kasar..jangan halus-halus ya,biar agak gerenjel..

-agar-agar 2 bungkus,1 cokt 1 biasa

-fanta 500ml

-susu cair 1000ml (500ml utk lapisan 1,500ml untuk lapisan 2)

-gula 12 sdm (6sdm untuk lapisan 1,6sdm utk lapisan 2)

-air 500ml

-coklat bubuk (cocoa) 2 sdm

cara membuat:

-lapisan 1

rebus agar2 coklat,susu 500ml,air,coklat bubuk, gula 6 sdm sampe mendidih,angkat,tuang dalam wadah puding.

tunggu hingga dingin,dan kira-kira sudah agak mau keras,buat lapisan 2 .

lapisan 2

rebus agar2 biasa,fanta,susu 500ml,gula 6sdm, hingga mendidih,dinginkan,tuang ke atas lapisan 1.

setelah lapisan mulai agak mengeras (dengan ciri2 tidak mengeluarkan uap lagi) taburin atasnya dengan oreo dengan merata..

masukin ke kulkas,hidangkan dalam keadaan dingin.

hmmm...yummy..

n.b:

fakta tentang puding ini(yang ngagetin banget,dan membuatku tersipu malu-malu kaya kupu-kupu,hehehe) waktu aku masih jualan puding di ITB a.k.a kampus suami ku,trus pada suatu hari lagi nungguorang yg maw byr tu puding-puding, aku nunggu sambil baca-baca mading yang ada di depan himpunan fakultas IF, eh ada tulisan (waktu itu HMIF lg ultah,trus orang2 kasih komen):

puding fanta-oreonya dibanyakin dong,habis enak banget,gw suka banget..

HAH??? kok fanta-oreo gw ikutan??hehehehe..

buat baju batik sendiri,hehehe

sekitar 2mingguan yang lalu,

akuw n suami beliin talitha baju batik..hehehe..ga maw ketinggalan zaman banget siy..

berubung batik babe nye coklat,jadi beliin yang senada.

nyampe rumah, akuw mikir:lho,kok emaknya ga punya batik coklat ya??? ..

hmmm... langsung aja otak dan tangan bekerja..

akuw keluarin sarung batik waktu dulu habis ngelahirin..(motifnya bagus booo..)

aku gunting pake pola (yang mana polanya berasal dari baju yang udah ga kepake kemudian dibedel a.k.a di buka jaitannya..hahahaha)

truuuuuuuuuusss...DIJAHIT DEH PAKE TANGAN; hand-made-boooo!!!

ga punya mesin jahit siy..jadi aja emaknya talitha menghabiskan malam dengan berkutat dengan jarum dan benang,hehehhee...

modelnya ga standar lho...aku model2in juga..

hasilnya??

kata suami kuw;bagus nda..

kata enyak ku;beli dimana?? (pas aku bilang jahit tangan sendiri,nyokap yg lgsung muji n ngasih masukan,hahaha jarang banget dapet pujian dari enyak..)

jadi pengen punya mesin jahit..

hahahahaha....

wow..!! anak kuw mantab!!


kemaren talitha udah di naek kursi rodanya..(telat banget ya??harusnya mah dari 4 bln.. emak bapaknya ngumpulin uang dulu ya nak,,hahahahaha)

huhuy..

talitha terlihat senang sekaliy lho..

dan di bergerak kesana dan kemariy..

tapiy...kok kaya undur undur??jalannya mundur??

hahahahaha..






menu hari ini apa bunda??

bubur susu baby pinky

bahan;

-beras putih 2 sdm (cuci bersih)

-wortel setengah batang (potong-potong)

-pisang setengah buah (potong juga..)

-air

cara membuat;

-sama aja kaya yang sebelumnya;rebus beras n wortel. udah lunak,masukin pisang

-trus blender deh...

(kok ga pake asi?? hehehe..habis mam mimiknya asi,jadi sama aja,cuma bedanya kecampurnya di perut..hahahaha)

eh,ternyata talitha suka banget sama menu yang satu ini...hmmm..talitha suka worte apa suka pisang?? atau suka dua-duanya?? atau suka yang buat a.k.a emaknya???hahahahaha...

menu hari ini apa bunda??

eh,menu kemaren juga blm di masukin y??

kemaren menunya bubur susu hijo-putih

bahan:

-2sdm beras putih (cuci ampe bersih sih sih..)

-brokoli

-seperempat apel fuji

-air

-asi (teteeeeeeeeeeeeeeeeeeppp)

cara membuat:

-rebus beras,brokoli ampe mateng n lunak.

-masukin apel

-masak sebentar aja, matiin,trus dinginin,trus blender.

-pas mau di kasih,campur dengan asi..

(tapi ni baru tau..kalo pake sayuran hijo a.k.a salah satunya brokoli, buburnya ga awet mpe malem.. )

trus menu hari ini apa bunda??

hari ini bubur susu merah-hejo (bunda tidak kreatip ni buat namanya,hahahaha..)

bahan:

-2sdm beras merah (cuci sampe bersih sih sih)

-1 batang buncis (bener apa nyebutnya batang??)

-air

-asi

cara membuat:

-rebus beras,buncis mask hingga lunak. matiin,dinginin,blender

-campur dengan asi ketika mau diberikan

(bisa juga ditambah pisang ambon setengah buah; masukin pas bubur udah mateng. trus ikut diblender deh..)

---------------------

oiya,menu2 yang aku tulis disini berdasarkan kreatif aku aja lho..

kalo ada ibu2 maw share,silahkan n monggo..

oiya,untuk 6bln karena pencernaannya baru aja di 'tes',jadi emang belum pake yang neko2 kaya ikan ataw daging. kalo 6 bln msh sebatas buah n sayur. itu pun ceunah dibuku jgn terlalu banyak campuran..

kalo uda jadi ibu,kreaif juga kok mau buat menu apa untuk anak tercinta. tapi di inget2 aja,babynya ga suka apa..

kaya anak ku kmrn,ketauan deh kalo dia ga suka apel. jadi mau dilatih pelan2..

selamat mencoba bunda...:)

selamat datang di dunia MPASI,baby..

9 agustus 2008,

hari ini talitha 6 bulan!!

huhuy..

saatnya MPASI (makanan penambah air susu ibu)

dengan bahasa lainya;

bunda-harus-bisa-masak-enak!!

kalo ga enak,ntar talitha ga mau mam..tragis nya lagi kalo dimuntahin ama dia!!! oohhh nooooooooooooo!!!!

menu hari ini,pertama kalinya akan ku buatkan:

bubur susu beras merah

bahan:

-2 sdm beras merah

-air secukupnya

-50gr wortel (kupas,iris potong kecil-kecil)

-100ml asi (emaknya bertekad untuk tetap asi)

cara membuatnya:

-rebus beras merah dan wortel dengan air hingga menjadi bubur dan lunak. angkat dan dinginkan. trus blender hingga halus lus lus...

-bila mau diberikan,campurkan asi..

semoga enak,dan anak ku suka.. amin..

sorenya,air jeruk baby nya sebotol kecil...

hmmm..yummy.... :)

(kok buku2 resep bubur susu utk 6bln blm ada yg campur2 dgn ikan ataw daging ya??hmmm.. bertahap ya bu...hahahay)

AKU TERLAHIR 500GR DAN BUTA..

beberapa hari yang lalu aku abis baca niy buku...

not bad,,tapi ga 'wah'..

dari pas awal baca,ya kerasanya hidupnya dia (miyuki inoue) emang 'ga biasa',,

miyuki ini anak yng lahir prematur (6bln) yang dengan kelahiran prematurnya dia cuma seberat 500gr,dan buta.

di awal di deskripsiin kalo badannya hanya sebesar botol kecil, jarinya kaya tusuk gigi,panggulnya sejari kelingking org dewasa..

ibunya miyuki 'terpaksa' melahirkan miyuki krn ngalamin syok berat krn ditinggal mati pacarnya (a.k.a. bapaknya miyuki) krn kecelakaan..

tragisnya,mereka mau menikah,walo hubungan mereka ditentang keluarga bapaknya..

ya karena ga dapet restu,ibunya miyuki ga bisa dateng ke pemakaman bapaknya..

syok berat..dan pendarahan..

namanya juga seorang ibu..udah ditinggal calon suami,ya ga mau kalo harus kehilangan anaknya juga. walo dokter udah nganjurin bwt digugurin,tp ibunya keukeuh untuk mempertahanin, dengan segala resiko..

buku ini nyeritain juga gimana ibunya miyuki ngedidik miyuki yang 'berbeda' dgn anak2 yang lain..

terlihat ibunya 'sangat keras',tapi itu karena 'sangat sayang' sama miyuki..

berkat ibunya, miyuki menjadi 'seseorang' di dalam hidupnya..bahkan mungkin bisa di bilang ibunya adalah hidupnya..mungkin kalo ga ada ibunya,miyuki 'benar2 buta...'

miyuki bisa menang karya tulis (ya..tulisannya sebagian bsr kisah hidupnya..),bisa naek sepeda (wow!!),bisa banyak hal ya karena ibunya yang 'keras'..

kaget juga,ketika miyuki nyeritain gimana kalau mereka bertengkar..

saling hina,saling jambak dan pukul..

yang jelas ngegambarin banget kalo: HIDUP ITU KERAS BUNG!!

-----------------------

lumayan lah buku ini buat bacaan.referensi cerita kehidupan...

bukunya ga terlalu tebel,bisa baca dalam waktu kurang dari sehari..

oke,,selamat membaca..

hari anak nasional!!

hari ini,hari anak nasional.

sebenernya,bukan sekedar perayaan yang harus diheboh2in..

tapi lebih ke introspeksi pada diri kita (para orang tua) secara khusus,atau bahkan pemerintah;sejauh mana kebutuhan anak terpenuhi,baik yang materiil mau pun yang non-materiil..

jadi inget skripsi aku;

Adopsi Sebagai Salah Satu Upaya Perlindungan Terhadap Hak Waris Anak Jalanan Dengan Status Anak Angkat Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

penguji komprehensif ku nanya;apa itu anak?

wuih, aku langsung jawab secara teoritisnya (ya,berubung aku juga nulis itu di bab 3nya, jadi aja aku jelasin panjang lebar..).

kaget banget pas penguji ku minta jawaban simple aja,,ANAK ADALAH KETURUNAN ORANG TUANYA..

yuup!! anak itu keturunan orang tuanya!!

dengan begitu, terdapat hak dan kewajiban yang harus terpenuhi dari si anak..

aku adalah seorang anak;

kewajiban ku ke orang tua ku adalah berbakti. berbakti pun memiliki definisi yang sangat luas banget..

bahkan hal terkecil pun menjadi sebuah catatan..

(sebagai contoh;di mana seorang anak tidak boleh berkata 'ah',atau berkata kasar kepada orang tuanya..)

aku adalah seorang ibu yang mempunyai anak;

kewajibanku adalah memenuhi hak anak ku..sejauh yang aku bisa dan akan selalu aku usahakan, aku ingin memberikan yang terbaik..

benar-benar yang terbaik;bukan yang menurut ku baik...

sejauh ini yang aku lihat;

masih banyak hak anak yang tidak terpenuhi..

masih banyak anak-anak yang terlantar dan luntang lantung..(padahal di UUD 45 disebutkan;anak terlantar dan fakir miskin di tanggung oleh negara)

masih banyak orang yang saling lempar kewajiban untuk memenuhi hak anak;

terkadang yang paling menghancurkan hati saya sebagai seorang ibu ketika mendengar seorang ibu kandung membunuh anak kandungnya sendiri,hanya karna ga mampu memberi makan...

rezeki akan selalu di atur ALLAH,jangan pernah ragu..

karena ketika kita ragu;na'udzubillah kalo seketika itu benar2 dicabut...

aku pernah bilang ke suami ku;

aku pengen jadi orang hebat,jadi orang kaya. karena banyak sekali yang ingin aku wujudkan;

aku pengen punya rumah asuh,untuk anak-anak yang terlantar,anak-anak yang ga punya keluarga..

aku pengen ngelakuin hal yang bermanfaat, yang membuat semua orang berbahagia,dan ga lupa ngajak mereka untuk bersyukur juga..

semoga,hidup anak indonesi menjadi lebih baik;dari dasar nya harus di bangun yang kokoh,, agar anak indonesia tidak rapuh..

untuk anak ku;

selamat berjuang,,

bagaimana membedakan rezeki atau ujian??

assalamualaykum..

beberapa hari kemaren sempet dilema. aku dapet tawaran kerja di jakarta. wahh..bagi temen2 freshgraduate yang lain pasti sangat menyenangkan;lulus bisa langsung dapet kerja..

tapi itu jadi pilihan yang sulit bagi saya..

di saat saya ingin konsisten terlebih dahulu mengurus suami dan anak saya yang masih asi eksklusif..

keluarga menyarankan saya solat istikharah..

saya bertanya kepada salah satu kakak saya;

'apa bedanya rezeki atau ujian?mengapa ketika saya mendapat kesempatan pekerjaan,kok ini menjadi pilihan yang sangat memberatkan?aku takut jadi orang yang ga syukur..'

(emang kerasa berat banget;harus pisah jarak dengan suami, memilih memberikan anak diasuh 'orang lain' selama saya kerja...aahhh..rasanya berat banget..saya tidak mau kehilangan 1 moment pun tentang anak saya di masa golden yearsnya..)

jawabannya (asli,ini mengena sekali bagi saya..);

rezeki itu jumlahnya tidak terhitung, sehingga patokan bersyukur atau tidaknya kita,tidak tergantung dari sikap terhadap salah satu 'rezeki' (yang bisa jadi hanya ujian).

bisa jadi bersyukurnya riska terhadap kelulusan kuliah adalah dengan mensupport dimas agar segera lulus dan bisa bekerja. sehingga riska 'tidak bersyukur' atas 'rezeki' tawaran kerja, tergantikan dengan bentuk syukur yang lain..

kalo riska merasa berat menerima tawaran tersebut,mungkn memang lebih baik tidak menerimanya.

syukur itu sangat luas maknanya, sehingga dikatakan syukur dan sabar, 2 MAQAM YANG HANYA SEDIKIT ORANG YANG BISA MENCAPAINYA..

--------

saya ingin menjadi orang yang selalu bersyukur, atas segala sesuatu,baik dari hal yang terkecil..

saya ingin menjadi orang yang konsisten;menjadi istri dan ibu yang menjaga kebahagian keluarganya dengan memelihara janjinya..

saya ingin menjadi bagian dari 'jumlah yang sedikit dari orang-orang yang bisa mencapai syukur dan sabar',dengan memulai dari hal terkecil,bagian 'terkecil' yang saya miliki, yang ternyata itu adalah hal yang sangat besar,yaitu hidup saya..

saya ingin menjadi orang yang sabar;atas segala sesuatu yang sudah menjadi pilihan saya,yang sudah menjadi keyakinan saya..karena saya ingin beriman..

saya ingin mengabdi dengan dan kepada agama saya, TUHAN saya; dengan menjalankan perintahNYA,mematuhi suami saya..

saya ingin menjadi orang yang dicintai suami saya,keluarga saya,karena kecintaan mereka kepada ALLAH; karena saya ingin menjadi orang yang selalu berjuang untuk baik..

amin..

Insya ALLAH..

----

n.b.;

jadi inget tentang tulisan; belajar untuk menikmati sebuah keinginan..

saya harus menjadi orang yang konsisten..

memang saya ingin memiliki penghasilan. tapi saya kan lagi belajar bisnis dari rumah. jadi tetep bisa ngurus suami dan anak saya.

semoga berkah,amin..

mohon doa nya...emoticon