Saturday, October 10, 2009

yang paling saya inginkan dalam waktu dekat..

1.sekolah lagi..ini bener2 mimpi yg pengeeeeennn bgt saya wujudkan. saya pengen profesi dan S2

2.punya bisnis,penghasilan cukup

3.punya rumah n mobil sendiri

4.sekolahin talitha di sekolahan bagus

5.haji. ya,saya sadar diri haji butuh biaya besar,makanya saya akan berusaha keras untuk menabung,mebyiapkan mental saya,suami,talitha....doain ya...

-------------
tuliskan impianmu,dan kau akan selalu membacanya,mengingatnya,dan berusaha mencapainya....

Thursday, October 1, 2009

long..loooonnnggg.....holiday!

lebaran kali ini bener-bener liburan pajang bagi saya dan talitha (kalo si ayah mah cuma beberapa hari saja,hehehe)

tanggal 17 sep 09 kami ke jakarta;
kami nginep di apartemen.. menikmati buka dan sahur di ibu kota :)
subuhnya kami menuju bandara,waktunya berpetualang... :)

tanggal 18 sep 09 kami di solo;
kami liburan di ma'e,neneknya dimas..
luar biasa! rumah ma'e enak banget!!
talitha ga pernah rewel sama sekali :)

tanggal 19 sep 09, jogja jogja...
akhirnya ke jogja yang benar2 buat liburan :),selama ini ke jogja pasti karna ada urusan aja..
hmmm... senengnya lagi,aku bisa ketemu saudara ku yang jarang banget bisa ketemu (makasih ya om dimas dan tante pipit :) doain bisa nginep ya di jogja,next time...)
malamnya kita bermalam takbir di karang anyar..

tanggal 20 sept 09, ied mubarak dan purwadadi..
happy ied semua!!maap lahir bathin ya..
beres sholat,makan-makan,dan kami menuju ke purwadadi..
bertemu keluarga,seneng....:)

tanggal 21 sept 09,menuju jakarta,again!
pertama kali niy kami bertiga ber-backpacking-ria!!
karna di apartemen ga ada orang,sedangkan besok subuhnya kami mau ke bandara lagi untuk perjalanan ke lampung..
akhirnya kita hunting losmen murah deket bandar..
kita nginep di hotel(losmen) husna :),cukup 150rb perkamar :) hohohoho..
tapi..kita saingan sama nyamuk!!walo pake ac,pake hit elektrik,tetep aja bangun subuhnya muka talitha bercorak merah karna gigitan nyamuk,hahahaha

tanggal 22 sept 09,lampung lampung..
i miss lampung sooooooooo much!!
2 tahun g pulang,banyak banget perubahan :)
dan yang paling menyenangkan adalah,kami di sambut dengan spesial request saya untuk minta di masakin sop buntut..oowww...yummy!!!

tanggal 23 sept 09,ayah pulang ke bandung..
sempet sedih..memikirkan suami ngurus semuanya sendiri..
tapi mau gimana lagi,besoknya ayah harus udah kerja..
met kerja ayah..hayu kita cicil untuk membangun rumah surga kita :)

tanggal 30 sept 09,here i am..bekasi...
4hari ke depan saya ada di bekasi..belum tau mau ngapain,yang jelas,i am happy here...

thank YA ALLAH,atas nikmat rezeki dan waktu,serta kesehatan..
i am so happy..
maap YA ALLAH,kalo aku masih kurang bersyukur..

Tuesday, September 8, 2009

psikolog...

sebenernya kalo kita mau k dokter psikolog tuh karna apa siy?
hari ini talitha mau saya bawa k dokter psikolog. bukan masalah gangguan mental,bukan juga hiperaktif.
saya pengen sekali jiwa n mental talitha terkontrol dari kecil,pengen talitha jadi orang hebat dan kuat.
bener ga siy saya bawa talitha ke psikolog?

Friday, August 7, 2009

activia..

sudah lama banget ga cerita tentang keseharian saya..
udah masuk bulan kedua eneng ikut kerja sama saya di bandung..

setiap hari ada aja hal ngocol yang dia lakukan..
seperti saat kita lagi nonoton teve dan ada iklan activia..

----------

tau iklan activia kan??
yang diperanin cewe trus ngebahas kalo kita ga buang air besar tiap hari sama aja bawa sampah diperut..

trus..terjadi perbincangan:
eneng:emang bener mbak? (nanya ke saya)
saya:iyalah..kan kotoran..
eneng:(sambil menunduk mencoba mencium perutnya) kok ga bau ya mbak?
saya:.............................bwaHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA...
(bener-bener ga bisa ngomong,saya cuma tertawa..dan akhirnya saya jelaskan ke dia..)

sampai hari ini eneng masih malu banget dengan kejadian itu..

eneng..eneng...


Wednesday, July 29, 2009

CATATAN HATI SEORANG ISTRI...

akhirnya..setelah hampir setahun yang lalu beli buku ini,baru tadi malem plastiknya di buka dan langsung tuntas di baca..

BAGUS BANGET!!

kalo dibandingin sama kisah istrinya pak dimas yang baru menginjak 2,5tahun pernikahan,masih belum sebanding deh..
kalo di itung lewat anak tangga,mungkin saya ada di anak tangga yang paling bawah,dan gedung itu ada 10o lantai :p

istri-istri itu,wanita-wanita itu,tegar sekali..kuat sekali..hebat sekali..
mereka bertahan atas segala masalah,ujian,cobaan,dan menerima dengan ikhlas..


dan tahu..
semua itu karna rangkaian kepercayaan dari seorang istri kepada suaminya..
dan seringnya, suami dengan bodoh menggadaikan itu semua (kepercayaan istri) buat hal yang sangat tidak sebanding..


semua bab saya suka. karna kisah-kisahnya berbeda,dan semuanya dari kisah nyata!
tapi ada satu bab yang paling saya suka:saya tidak ingin cemburu..
kenapa ya? tapi bener-bener hebat aja ada wanita yang ga cemburu (menurut saya..)

perjuang istri-istri hebat itu,yang saya yakin sebagai jalan menuju surga mereka,semoga..
amin!



p.s:buku ini cocok banget buat kasih kado ke ibu,teman yang sudah nikah,dan pastinya juga cocok buat kalian semua :)


Saturday, July 25, 2009

being happy,always be happy..

yang saya ingat,saat saya masih kecil,ibu guru bertanya:cita-citamu kalo besar mau jadi apa?
teman-teman banyak menyebut berbagai jenis profesi yang saat itu anak kecil juga ga ngerti apa sih itu..
tapi kalo saya,
saya menjawab:cita-cita saya ingin menjadi orang yang bahagia..

anak kecil pun tahu apa itu bahagia.
tidak ada air mata,tidak ada sedih..
ya..itu bahagia..

sampai saat ini,bahagia yang saya cita-citakan masih saya cari dan terus akan saya cari..

karna ternyata bahagia itu candu.
tak kan habis,tapi selalu kurang..

humanity...
maybe..


karma..

seorang teman datang bertanya kepada saya;
memang karma itu ada ya?

karma?
kalian percaya akan eksistensi karma?

saya bilang ke teman saya;
saya pernah bertanya itu pada sahabat saya,dulu..

dan saat itu sahabat saya hanya berkata;
gw pernah ngalamin..

dan saat ini saya tau jawabannya..
hey,itu bukan karma..
itu hanya perputaran roda hidup..

seperti ketika kita kecil dan ngambek ketika ibu ga ngizinin beli permen..
dan ketika kita menjadi ibu,kita 'mengalami' posisi yang sama ketika ibu kita melarang dulu..
sangat dilema mendengar tangisan anak sendiri,tapi ingin menjadi ibu yang menjaga kesehatan anak..
huuufftt..

dan semua itu berlaku dalam hubungan apapun..
pertemanan..
asmara..
dunia kerja..
apapun..


dan alangkah bijaknya,kta menjadi PIHAK yang baik..
berpengaruh baik bagi sekitar kita..
dan akan kembali baik kepada kita..

cukup itu..


aku yang kau tahu..

suamiku..

ingat aku 8 tahun yang lalu?
mungkin kamu lupa,karna kamu belum terlalu tau siapa aku..
kita hanya murid baru di sekolahan luar biasa,
dan terlebih lagi;kita lagi MOS (masa orientasi)

suamiku,ingat aku 5 tahun lalu?
masa kelulusan SMA,3tahun berteman.
dan sama-sama berjuang di negeri parahyangan,bumi bandung..
aku mahasiswi hukum UNPAD,anak kos,sticker maker..

suamiku,ingat aku 2,5 tahun yang lalu?
gadis yang malam itu kamu lamar..
bahkan kamu sempat solat di balkon rumah,hanya untuk memohon kepada ALLAH untuk izin menikahi ku..
dan 2 bulan setelah itu,kamu berhasil 'meng-akad' ku..
apa yang kamu ingat tentang aku 2,5 tahun lalu?
wanita berkebaya putih gading?senyum merekah bahagia? foto prawed di ilalang?

suamiku,ingat aku 1,5 tahun yang lalu?
di kamar bersalin yang dingin. dan aku yang berubah menjadi sosok 'bunda'. seorang bunda yang sangat ingin punya bayi perempuan?

suamiku,ingat aku saat ini?
8 tahun mengenalku..
2,5 tahun hidup bersamaku..
apa aku berubah?


Tuesday, July 7, 2009

renungan..


pada suatu titik,
mereka akan merasakan apa yang aku rasakan..

dunia berputar..
akan terus berputar..

Wednesday, June 3, 2009

berkuda..

pagi-pagi biasanya orang tuh baca koran dengan secangkir kopi..
ataw sarapan nasi goreng sambil nonton gossip..

tapi saya dan talitha???

kami berkuda!!

yiiipppiii...


sekedar info..
berkuda di daerah saya ini satu kali puteran cukup SERIBU saja :)

memangnya mereka tidak punya ibu?

sudah pada tau kisah ibu prita?? klik di sini..

seorang ibu yang menyuarakan keluhannya dengan berbagi pengalaman melalui sarana yang dia pahami dan kuasai. Dia kirimkan e-mail kepada beberapa temannya. Sebuah bentuk komunikasi yang lazim di antara warga masyarakat modern. Kemudian e-mail itu menyebar.


Persoalan tak akan meluas jika pihak yang disebut dalam keluhan itu menyelesaikan persoalan secara bijak, dengan pendekatan yang manusiawi, kemudian mengumumkan bahwa persoalan telah diselesaikan bersama.


Akan tetapi yang terjadi adalah kriminalisasi. Ibu dari dua anak balita itu, namanya Prita Mulyasari, oleh pihak yang dia keluhkan, yakni Rumah Sakit Omni International, Alam Sutera, Tangerang, dihadapi melalui gugatan perdata dan sekaligus pidana. Selama proses persidangan, ibu itu dikurung dalam bui di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tangerang, terpisah dari keluarganya, dari anak-anaknya.


saya sedih pas tau kabar ini. anak bungsu ibu prita masih ASI!!
membayangkan betapa menderitanya talitha kalo ga bisa dapet ASI saja sudah bisa buat saya sedih ga karuan..

saya heran sama pihak RUMAH SAKIT tersebut..
apa mereka tidak punya orang tua?
apa mereka tidak punya IBU?

ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam proses hukum.
saya kuliah di fakultas hukum,saya juga sedikit memahami kasus-kasus hukum.
mediasi,perdata,kekeluargaan,damai, hal-hal yang positif dalam menyelesaikan masalah tanpa harus menggugurkan hak anak-anak bu prita..


Prita digugat secara perdata oleh RS Omni, dr Hengky dan dr Grace. Sedangkan secara pidana digugat oleh dr Hengky dan dr Grace. Secara perdata, Prita diganjar hukuman membayar kerugian materiil Rp 161 juta dan imateriil Rp 100 juta.(saya baru baca di radityadika.com)

kalo kata abang ipar saya;ini niy yang disebut menggali kuburan sendiri..

mereka melakukan hal yang merusak citra sendiri.masih ada yang mau berobat sama dokter yang kurang peduli akan hati nurani? terimalah itu sebagai masukan untuk kemajuan karir,bukan untuk menghancurkan reputasi..
dan menurut saya,kerugian atas pencemaran nama baik justru bukan karna email bu prita, tapi kerugian terbesar malah terbentuk dari tindakan RS dan dokter-dokter tersebut..

makanya bagi RUMAH SAKIT MANAPUN,dengarkan konsumen kalian..
saya tahu kalian capek sepanjang hari mengabdi untuk kami..
ambil saja positifnya dari hal-hal yang kami keluhkan,KAMI INGIN KALIAN LEBIH BAIK LAGI,karna di situ ladang pahala kalian..

doa saya untuk bu prita,anak-anaknya,keluarga,dan pihak rumah sakit..

Wednesday, May 27, 2009

konsultan perkawinan??

okey..
baru cek blog lama..
dan banyak banget masuk ke email orang-orang konsultasi tentang pernikahan (dini)..
hohohoho..

saya dan suami juga masih belajar..
masih suka 'mengheybohkan' rumah juga biar rame dan seru..

so..
satu-satu saya bales lewat email langsung ya..
berbagi pengalaman.
tapi bukan berarti saya paling baik,saya cuma mau berbagi :)

ada satu email yang bikin saya agak 'terpukul'

"mba,sya seoarang laki2 yg usia nya 20 thn.
sya bru ja nikah,baru 2 bulan sih,tpi akhir2 ni sya sering cekcok dengan istri saya.

yg ingin saya tanyakan,gmn cranya saya dan istri saya agar tdk mudah cekcok?"

hadoohh..
bagaimana suami ku?? :p

itulah mungkin yang dibilang;PERNIKAHAN ITU ADALAH SENI


Tuesday, May 26, 2009

kehidupan saya berbeda dengan mereka..

barusan jalan-jalan ke FB orang-orang..
sebagian adalah teman2 seperjuangan dengan saya selama masa pendidikan (jiyaahh,,,bahasanya)
hmm..
sekarang sebagian besar sudah kerjalah,karir sukses,jabatan okeh,posisi manteb di kantor2 hebat..
dan saya di sini bersama anak saya :)

hidup itu pilihan.
ya..benar2 suatu pilihan yang membawa dampak sangat besar untuk setiap langkahnya.
ketika saya memutuskan menikah,saya memilih pilihan diantara pilihan lain yang mungkin lebih menggiurkan:berkarir,sukse
s kerja,mapan secara personal,,

tapi apa saya akan menjadi seperti sekarang kalo saya memilih karir?
pasti tidak..

mereka punya kehidupan.begitu pula saya..
saya bahagia,menjadi 'guru' di saat orang lain berusaha jadi 'pegawai'
menjadi guru besar dari seorang anak yang dari lahir di bumi melihat pelajaran pertama kali dari saya
mencermati seksama perilaku dan tingkah saya
mengingat2 setiap ucapan saya,melebihi hafalan KUHAP dan buku-buku hukum lainnya selama saya kuliah..

ya..ini kehidupan saya..
ketika saya lolos sampai beberapa tahap tes pertamina,lalu gagal di tengah jalan saya tidak kecewa.
bahkan saya di ingatkan teman dan keluarga:itu adalah rezeki talitha..
rezeki untuk talitha bersama bundanya,menemani bundanya menyambut pulang kerja ayah..

ya..ini hidup saya..

----------------------------------------------------------------
from my facebook notes

Wednesday, May 20, 2009

demi talitha untuk lebih tangguh dan bunda untuk lebih cerdas :)

:)
hari ini penuh senyum bahagia :) :)


bunda sangat ingin talitha menjadi anak yang lebih hebat. mampu bersosialisasi dengan baik,tanpa bergantung dengan ada ataw hadirnya bunda setiap saat di sisi talitha.
bukan berarti bunda jahat sama talitha,tapi bunda merasa ini sangat penting untuk kehidupan talitha sejak dini.
talitha harus menjadi anak yang hebat :)

oleh karna itu bunda berencana menempatkan talitha di TPA, seharinya 2-3 jam.tanpa bunda,hanya talitha bersama teman-teman.
waktu 'kosong' bunda ga bareng talitha akan bunda manfaatin pergi ke kantor KUMMARA.

tadi (hari ini) talitha dilakukan pre-test.
talitha di TPA, bunda ikut sekolah ibu muda.
sekolah ibu muda ini diadakan setiap 2minggu sekali. isinya luar biasa menyenangkan.nambah ilmu.
dan gratis :)
setiap sesi slalu dihadirkan orang-orang hebat di bidangnya. kalo tadi karna membahas P3K di rumah dan ibu sebagai dokter keluarga,maka yang ngisi adalah seorang dokter.

talitha sukses bareng sama temen-temen selama 2 jam. tanpa bunda.
sempet nangis,karna rebutan mainan.
dan pas bunda jemput terakhir,talitha ngeliyat bunda yang kaya udah kangen banget :p
matanya berbinar-binar,hidungnya merah..dia langsung dateng hampirin bunda,di peluk deh :)

tes pertama:BERHASIL :)

truuuuss..
alhamdulillah ayah sudah dapet kerja.
bunda juga ada kegiatan positif.
bunda sudah janji untuk jauh lebih baik,jauh lebih hebat.
bunda sudah janji sama ayah.
mudah-mudahan bisa tercapai. amin

saya 2minggu sekali akan ada sekolah ibu muda. seperti pengajian aja,tapi lebih modern.
dan KUMMARA adalah 'kantor' yang insya Allah akan diseriusi.
tetep ngurus anak dan suami sebaik mungkin

doakan semua lancar ya..


---------------------------------
*pulang dari TPA,talitha jadi manggil :'mama' dan 'papa'
^_^"

Tuesday, May 19, 2009

hay,ada video kummara season 1!!

Video KUMMARA seri-1 sekarang udah tayang, lucu, seru, dan heboh! Jangan sampe ketinggalan, nikmati videonya di halaman depan http://www.facebook.com/l/;KUMMARA.com

jangan mau ketinggalan juga ya,kabar-kabar seru dari KUMMARA :)
kunjungi KUMMARA di http://http://www.facebook.com/l/;kummara.com

enjoy with KUMMARA :p


Sunday, May 17, 2009

dari hotel putri duyung lanjut ke 'hotel' boromeus..

minggu kemaren,kita liburan ke ancol.. nginep di putri duyung..makan-makan di bandar jakarta..
terdengar sangat menyenangkan bukan??
seneng banget bisa kumpul bareng keluarga,nginep di hotel bagus,makan enak..
semua terasa lengkap,sampai akhirnya minggu pagi tanggal 10 mei (tepat ulang tahun eyang),saya dan suami terbangun karna muntahan talitha yang kaya air bah... muntahnya banyak banget di atas kasur.
saya langsung bangun,ga bisa tidur lagi.
karna talitha bau muntah banget,saya mandi deh bareng dia..

sudah wangi,saya ajak talitha jalan-jalan keluar. pas mau ke resto,talitha mun-mun lagi..
pulang dari resto mun-mun lagi. pup juga,tapi masih blom curiga..

mun-mun lagi..ga lama pup lagi..beberapa kali seperti itu..

trus magribnya kita memang rencana balik ke bandung.. sampe pasteur,talitha pup sampe nembus keluar celana.
sampe rumah(jam 9 malam) di bersihin..
saya mulai curiga karna pupnya berbusa..
begitu sampai beberapa kali pup..

setengah 11 malam saya dan suami langsung bawa k UGD boromeus.
sampai sana.di periksa,talitha di suruh dirawat.

dan besoknya pup talitha tambah ga terbendung..udah ngocor aja kaya keran dol!!
saya sedih banget..
badan sekecil itu mengeluarkan kotoran buanyak banget..
padahal talitha dari pas di ancol hari terakhir ga mau makan apa-apa...
jadi dia mengeluarkan apa???

3hari sempet di kelas 3.dan si ayah sempet sakit juga,muntah-muntah..saat itu tuh rasanya berat,hati ini tuh kaya di pukul palu raksasa,melihat suami dan anak sakit :(

trus pindah ke kelas 1..
di kelas 1 talitha dapet kenalan,ridwan (10 bulan) dengan penyakit yang sama.
susternya ramah-ramah,baik dan sabar banget..
selama 6 hari talitha di RS,dia 5 kali pindah infus..ya karna kebanyakan gerak jadi bengkoklah,macem-macem deh..

kemaren talitha udah pulang.
semoga talitha sehat terus ya..

Friday, May 8, 2009

anak saya tidak bercita-cita jadi caddy :)


malem tadi,sebelom bobok,
ayah sengaja mijetin talitha. awalnya kaki aja..
eh,talitha nagih. setiap pijetan dilepas,pasti dia marah dan nyodorin kakinya ke ayah..

ayah:'waaahh..keenakan nih bos besar..'
talitha:(cuek bebek..sambil nyodorin kakinya)
bunda:hahahahaha..(terpingkal-pingkal ngeliyat gaya talitha yang kaya bos besar)

trus aja si baby berubah posisi.berbagai gaya,semua badan harus dipijet..
asli,talitha sangat menikmati..
anteng,adem ayem,,maknyuss lah..


waaahh..dari gayanya,talitha calon orang kaya,hahaha.. (amiiiiiiiiiinnn..)
sudah bisa bersikap atas hal-hal yang menyenangkan :p
sepertinya profesi caddy dicoret dari list cita-cita talitha :)))

gyahahahahaha...

Tuesday, May 5, 2009

lived for 99 days

udah pernah denger kisah 99 balon?

awalnya karna saya lihat videonya yang berdurasi 6 menit 10 detik di facebook salah seorang teman,trus saya googling,dan ngedapetin kisah tuh baby...
(sorry ya aku ga bisa uplod,coba aja buka di youtube dkk,coz my limit internet,hahahaha)


entahlah,
setiap kisah antara seorang ibu (orang tua) dan anak,mampu menguras air mata saya habis-habisan..


kadang,ALLAH tuh punya 'bahasa' yang ga terduga.
seketika ALLAH bisa ngasih kekuatan yang luar biasa kepada seorang ibu.
ya,
walo secapek apapun ibu tuh ngurus anaknya,sengedumel apapun,tapi ibu tersebut masih sangat kuat buat ngurus anak tersebut.
dan yang lebih penting:masih MAU ngeladenin anaknya..


kasih ibu ke anak tuh bener-bener ga tergambarkan..
tapi ga bisa di bandingkan kasih sayang ALLAH Yang Maha Besar..




KUMMARA :)


akhirnya..

inilah dia KUMMARA

kummara adalah big dreams yang insya ALLAH comes true (bener ga sih nih maksudnya??hehehe)

sekarang memang baru 'janin' yang tumbuh di dunia maya a.k.a internet dulu.
buat cafenya insya ALLAH segera launching.
mohon doa dari semuanya,agar seluruh proses dari awal,sampe pas udah jalan,bahkan mungkin buka cabang (amin) lancar semuanya,sukses berat dan berkah..AMIINN..

jangan lupa mampir ya..
ntar kalo udah resmi buka cafenya wajib-kudu-harus buat mampir ya.. :))

ke bandung belom lengkap kalo ga ke KUMMARA :p

nge-japan

my Japanese name: fu fu ri sa a



my baby:ta i ta a


dimanakah letak otakmu

dapet dari FB,quiz terbodoh diantara quiz-quiz bodoh lainnya..
hahahaha..

------------------------
  1. hal apa yang paling lo sukai?
  2. olah raga apa yang paling sukai
  3. tokoh yang paling lo sukai
  4. kalo habis dimarahin guru, karena g ngerjain tugas apa yang lo lakuin
  5. kalo pacaran lo lebih seneng ngapaen c?
-----------
dan hasilnya??
jempol kaki
waduhh..waduhhh..waduhhh parah lo bro...masa otak di jempol kaki mana bisa lo mikir.... ati2 kalo jalan tuh... salah-salah jempol kakimu kena tai kuda





@@@@@@@@@

siyaul!!!

BERAPA BESAR BOBOT SEBUAH DOA ?

Louise Redden, seorang ibu kumuh dengan baju kumal, masuk ke dalam sebuah supermarket. Dengan sangat terbata-bata dan dengan bahasa yang sopan ia memohon agar diperbolehkan mengutang. Ia memberitahukan bahwa suaminya sedang sakit dan sudah seminggu tidak bekerja. Ia memiliki tujuh anak yang sangat membutuhkan makan.

John Longhouse, si pemilik supermarket,mengusir dia keluar. Sambil terus menggambarkan situasi keluarganya, si ibu terus menceritakan tentang keluarganya.

"Tolonglah, Pak, Saya janji akan segera membayar setelah aku punya uang."

John Longhouse tetap tidak mengabulkan permohonan tersebut. "Anda tidak mempunyai kartu kredit, anda tidak mempunyai garansi," alasannya.

Di dekat counter pembayaran, ada seorang pelanggan lain, yang dari awal mendengarkan percakapan tadi. Dia mendekati keduanya dan berkata : "Saya akan bayar semua yang diperlukan Ibu ini."

Karena malu, si pemilik toko akhirnya mengatakan, "Tidak perlu,Pak. Saya sendiri akan memberikannya dengan gratis. Baiklah, apakah ibu membawa daftar belanja ?"
" Ya, Pak. Ini," katanya sambil menunjukkan sesobek kertas kumal."

“Letakkanlah daftar belanja anda di dalam timbangan, dan saya akan memberikan gratis belanjaan anda sesuai dengan berattimbangan tersebut."

Dengan sangat ragu-ragu dan setengah putus asa, Louise menundukkan kepala sebentar, menuliskan sesuatu pada kertas kumal tersebut, lalu dengan kepala tetap tertunduk, meletakkannya ke dalam timbangan.

Mata Si pemilik toko terbelalak melihat jarum timbangan bergerak cepat ke bawah. Ia menatap Pelanggan yang tadi menawarkan si ibu tadi sambil berucap kecil, "Aku tidak percaya pada yang aku lihat."

Si pelanggan baik hati itu hanya tersenyum.

Lalu, si ibu kumal tadi mengambil barang-barang yang diperlukan, dan disaksikan oleh pelanggan baik hati tadi, si Pemilik toko menaruh belanjaan tersebut pada sisi timbangan yang lain.

Jarum timbangan tidak kunjung berimbang, sehingga si ibu terus mengambil barang-barang keperluannya dan si pemilik toko terus menumpuknya pada timbangan, hingga tidak muat lagi.

Si Pemilik toko merasa sangat jengkel dan tidak dapat berbuat apa-apa. Karena tidak tahan, Si pemilik toko diam-diam mengambil sobekan kertas daftar belanja si ibu kumal tadi. Dan ia-pun terbelalak.

Di atas kertas kumal itu tertulis sebuah doa pendek : " Tuhan, Engkau tahu apa yang hamba perlukan. Hamba menyerahkan segalanya ke dalam tanganMu."

Si Pemilik Toko terdiam. Si Ibu, Louise, berterimakasih kepadanya, dan meninggalkan toko dengan belanjaan gratisnya. Si pelanggan baik hati bahkan memberikan selembar uang 50 dollar kepadanya.

Si Pemilik Toko kemudian mencek dan menemukan bahwa timbangan yang dipakai tersebut ternyata rusak. Ternyata memang hanya Tuhan yang tahu bobot sebuah doa.


KEKUATAN SEBUAH DOA
--------DOA ADALAH HADIAH TERBESAR DAN TERINDAH YANG KITA TERIMA.
--------Tanpa biaya, tetapi penuh daya guna.




Sunday, May 3, 2009

seseorang butuh bahagia atas hidupnya..

ketika seseorang merasa sangat tersakiti,hanya satu obatnya:KEBAHAGIAN.



setiap orang layak bahagia atas hidupnya,tidak dengan masalahnya.

seseorang bisa menjadi sumber kebahagian bagi dirinya,bukan dengan kesedihan orang lain..


saya,sangat beruntung mempunyai suami yang sangat saya sayangi. dia adalah kebahagiaan saya.dan saya ga mau saya menjadi masalah baginya.saya sangat berharap saya akan selalu menjadi kebahagiannya.amin

bahagia..
saya selalu berdoa suami saya selalu bahagia.
keluarga saya slalu bahagian.
teman-teman saya slalu bahagia..




doa saya untuk bahagia slalu bagi suami dan anak saya,pun tlah menjadi nafas dalam sisa hidup saya..

Thursday, April 30, 2009

the biggest loser..

setiap nonton acara the biggest loser,saya selalu tersenyum dalam hati:

"pasti bisa kok,saya turunin berat badan..mereka aja bisa
hehehehe.. :)))"



saya ibu yang pernah melahirkan,,tapi saya takut lihat video melahirkan..

ya,,sampe detik ini saya takut banget liyat video ibu melahirkan yang edisi 'full'.

saya pernah melahirkan..
saya pernah ngerasain gimana sakitnya melahirkan..
dan saya masih pengen punya banyak anak.

jadi,biarkan rasa 'berani' seorang ibu yang entah dari mana datengnya,tapi saya sadar banget kalo saya juga punya itu,tetep membuat saya bersemangat untuk melahirkan jundi-jundi pejuang agama..



melahirkan itu adalah hal yang paling luar biasa yang pernah terjadi dalam hidup saya.
mengeluarkan makhluk hidup dari dalam perut saya,
mengorbankan seluruh kehidupan saya,
hanya karna rasa cinta yang tumbuh secara alami antara seorang ibu dan anak..

masa pembukaan saya lalui 2 hari 2 malam.
mules-mules yang rasanya ga ketulungan sakitnya..setiap mulesnya dateng,seketika jadi ga nafsu makan.
bahkan saya sempet muntah,karna reaksi mendorong dari si baby..

hingga pada titik terakhir,saya kelelahan,dan terjadi pelambatan pada proses pembukaan,dokter ahli ambil bagian.
saya sempet minta cesar,karna udah habis tenaga ini buat ngomong,apalagi buat ngeden bayi sebesar hampir 3kg??
tapi pas masuk ruangan bersalin,entah kekuatan apa,entah tenaga apa,entah saat itu saya menjadi apa.saya merasa sangat kuat.
ya..saya sangat merasa kuat sekali..
'saya cukup diam,dan fokus untuk mengedan!!'
otak saya selalu saya perintahkan begitu..

proses melahirkan saya,
saya tidak teriak-teriak
apalagi memukul-mukul..
saya cukup melihat mata suami saya,
saya bisa!!

cepet banget deh baby nya keluar,pas kepala udah nongol,saya sempet 'digunting' tempat brojol babynya.
ya karna saya waktu dipecahin ketubannya baru pembukaan 8,alhasil saya memulai mengedan di saat pembukaan baru 8 (seharusnya 10),dan dokter ga nunggu tenaga saya habis,salurannya di gunting biar longgar..

di gunting..
ya..sampe sekarang saya takut lihat video melahirkan karna saya takut sekali melihat sesi 'digunting'..
kalo ngebayangin aja saya suka ngilu..gimana kalo ngeliyat langsung??
kalo mau tau gimana sensasi lihat langsung,tanya aja dokter dan suami saya :))



walaupun saya takut lihat video melahirkan,
saya tidak takut untuk hamil dan melahirkan lagi :))



Monday, April 27, 2009

email yang sangat 'mewakili' perasaan jutaan wanita di dunia..

SANDAL JEPIT ISTRIKU
(Oleh : Yulia Abdullah)


Selera makanku mendadak punah. Hanya ada rasa kesal dan jengkel yang memenuhi kepala ini. Duh, betapa tidak gemas, dalam keadaan lapar memuncak seperti ini, makanan yang tersedia tak ada yang memuaskan lidah. Sayur sop rasanya manis bak kolak pisang, sedang perkedelnya asin tak ketulungan.

"Ummi... Ummi, kapan kamu dapat memasak dengan benar? Selalu saja, kalau tak keasinan, kemanisan, kalau tak keaseman, ya kepedesan!" Ya, aku tak bisa menahan emosi untuk tak menggerutu. "Sabar Bi, Rasulullah juga sabar terhadap masakan Aisyah dan Khodijah. Katanya mau kayak Rasul? Ucap isteriku kalem.

"Iya. Tapi Abi kan manusia biasa. Abi belum bisa sabar seperti Rasul. Abi tak tahan kalau makan terus menerus seperti ini!" Jawabku masih dengan nada tinggi. Mendengar ucapanku yang bernada emosi, kulihat isteriku menundukkan kepala dalam-dalam. Kalau sudah begitu, aku
yakin pasti air matanya merebak.

*******

Sepekan sudah aku ke luar kota. Dan tentu, ketika pulang benak ini penuh dengan jumput-jumput harapan untuk menemukan baiti jannati di rumahku. Namun apa yang terjadi? Ternyata kenyataan tak sesuai dengan apa yang kuimpikan. Sesampainya di rumah, kepalaku malah mumet tujuh keliling. Bayangkan saja, rumah kontrakanku tak ubahnya laksana kapal
pecah. Pakaian bersih yang belum disetrika menggunung di sana sini. Piring-piring kotor
berpesta-pora di dapur, dan cucian, wouw! berember-ember. Ditambah lagi aroma bau busuknya yang menyengat, karena berhari-hari direndam dengan deterjen tapi tak juga dicuci. Melihat keadaan seperti ini aku cuma bisa beristigfar sambil mengurut dada.

"Ummi... Ummi, bagaimana Abi tak selalu kesal kalau keadaan terus menerus begini?" ucapku sambil menggeleng-gelengka n kepala. "Ummi... isteri sholihah itu tak hanya pandai ngisi pengajian, tapi dia juga harus pandai dalam mengatur tetek bengek urusan rumah tangga.
Harus bisa masak, nyetrika, nyuci, jahit baju, beresin rumah?"

Belum sempat kata-kataku habis sudah terdengar ledakan tangis isteriku yang kelihatan begitu pilu. "Ah...wanita gampang sekali untuk menangis," batinku. "Sudah diam Mi, tak boleh cengeng. Katanya mau jadi isteri shalihah? Isteri shalihah itu tidak cengeng," bujukku hati-hati setelah melihat air matanya menganak sungai.

"Gimana nggak nangis! Baru juga pulang sudah ngomel-ngomel terus. Rumah ini berantakan karena memang Ummi tak bisa mengerjakan apa-apa. Jangankan untuk kerja, jalan saja
susah. Ummi kan muntah-muntah terus, ini badan rasanya tak bertenaga sama sekali," ucap isteriku diselingi isak tangis. "Abi nggak ngerasain sih bagaimana maboknya orang yang hamil muda..." Ucap isteriku lagi, sementara air matanya kulihat tetap merebak.

Hamil muda?!?! Subhanallah ? Alhamdulillah?

********

Bi..., siang nanti antar Ummi ngaji ya...?" pinta isteriku. "Aduh, Mi... Abi kan sibuk sekali hari ini.
Berangkat sendiri saja ya?" ucapku."Ya sudah, kalau Abi sibuk, Ummi naik bis umum saja, mudah-mudahan nggak pingsan di jalan," jawab isteriku. "Lho, kok bilang gitu...?" selaku.
"Iya, dalam kondisi muntah-muntah seperti ini kepala Ummi gampang pusing kalau mencium bau bensin. Apalagi ditambah berdesak-desakan dalam dengan suasana panas menyengat. Tapi mudah-mudahan sih nggak kenapa-kenapa, " ucap isteriku lagi.

"Ya sudah, kalau begitu naik bajaj saja," jawabku ringan.

*******

Pertemuan dengan mitra usahaku hari ini ternyata diundur pekan depan. Kesempatan waktu luang ini kugunakan untuk menjemput isteriku. Entah kenapa hati ini tiba-tiba saja menjadi rindu padanya. Motorku sudah sampai di tempat isteriku mengaji. Di depan pintu kulihat masih banyak
sepatu berjajar, ini pertanda acara belum selesai. Kuperhatikan sepatu yang berjumlah delapan pasang itu satu persatu. Ah, semuanya indah-indah dan kelihatan harganya begitu mahal. "Wanita, memang suka yang indah-indah, sampai bentuk sepatu pun lucu-lucu," aku membathin.

Mataku tiba-tiba terantuk pandang pada sebuah sendal jepit yang diapit sepasang sepatu indah. Kuperhatikan ada inisial huruf M tertulis di sandal jepit itu. Dug! Hati ini menjadi luruh. "Oh....bukankah ini sandal jepit isteriku?" tanya hatiku. Lalu segera kuambil sandal jepit
kumal yang tertindih sepatu indah itu. Tes! Air mataku jatuh tanpa terasa. Perih nian rasanya hati ini, kenapa baru sekarang sadar bahwa aku tak pernah memperhatikan isteriku. Sampai-sampai kemana-mana ia pergi harus bersandal jepit kumal. Sementara teman-temannnya bersepatu
bagus.

"Maafkan aku Maryam," pinta hatiku.

"Krek...," suara pintu terdengar dibuka. Aku terlonjak, lantas menyelinap ke tembok samping. Kulihat dua ukhti berjalan melintas sambil menggendong bocah mungil yang berjilbab indah dan cerah, secerah warna baju dan jilbab umminya. Beberapa menit setelah kepergian dua ukhti itu,
kembali melintas ukhti-ukhti yang lain. Namun, belum juga kutemukan Maryamku. Aku menghitung sudah delapan orang keluar dari rumah itu, tapi isteriku belum juga keluar.
Penantianku berakhir ketika sesosok tubuh berabaya gelap dan berjilbab hitam melintas. "Ini dia mujahidah (*) ku!" pekik hatiku. Ia beda dengan yang lain, ia begitu bersahaja. Kalau yang lain memakai baju berbunga cerah indah, ia hanya memakai baju warna gelap yang sudah lusuh
pula warnanya. Diam-diam hatiku kembali dirayapi perasaan berdosa karena selama ini kurang memperhatikan isteri.

Ya, aku baru sadar, bahwa semenjak menikah belum pernah membelikan sepotong bajupun untuknya. Aku terlalu sibuk memperhatikan kekurangan-kekurang an isteriku, padahal di balik semua itu begitu banyak kelebihanmu, wahai Maryamku. Aku benar-benar menjadi malu pada Allah dan Rasul-Nya. Selama ini aku terlalu sibuk mengurus orang lain, sedang isteriku tak pernah kuurusi. Padahal Rasul telah berkata: "Yang terbaik di antara kamu adalah yang paling baik terhadap keluarganya. "

Sedang aku? Ah, kenapa pula aku lupa bahwa Allah menyuruh para suami agar menggauli isterinya dengan baik. Sedang aku terlalu sering ngomel dan menuntut isteri dengan
sesuatu yang ia tak dapat melakukannya. Aku benar-benar merasa menjadi suami terzalim!

"Maryam...!" panggilku, ketika tubuh berabaya gelap itu melintas. Tubuh itu lantas berbalik ke arahku, pandangan matanya menunjukkan ketidakpercayaan atas kehadiranku di tempat ini. Namun, kemudian terlihat perlahan bibirnya mengembangkan senyum. Senyum bahagia.

"Abi...!" bisiknya pelan dan girang. Sungguh, baru kali ini aku melihat isteriku segirang ini.
"Ah, betapa manisnya wajah istriku ketika sedang kegirangan? kenapa tidak dari dulu kulakukan menjemput isteri?" sesal hatiku.

******


Esoknya aku membeli sepasang sepatu untuk isteriku. Ketika tahu hal itu, senyum bahagia kembali mengembang dari bibirnya. "Alhamdulillah, jazakallahu. ..," ucapnya dengan
suara mendalam dan penuh ketulusan.

Ah, Maryamku, lagi-lagi hatiku terenyuh melihat polahmu. Lagi-lagi sesal menyerbu hatiku. Kenapa baru sekarang aku bisa bersyukur memperoleh isteri zuhud (**) dan 'iffah (***) sepertimu? Kenapa baru sekarang pula kutahu betapa nikmatnya menyaksikan matamu yang berbinar-binar karena perhatianku?

Keterangan
(*) mujahidah : wanita yang sedang berjihad
(**) zuhud : membatasi kebutuhan hidup secukupnya walau
mampu lebih dari itu
(***) iffah : mampu menahan diri dari rasa malu


------------------------------------------------------------------------------------

thanks ya bang robin,emailnya sangaaattt berarti dalam..
maknanya sangat mewakili hati para istri..

para suami,wanita,istri kalian,sangat menyukai keindahan,keromantisan..
hiasi surga rumah kalian dengan kebahagian..
ya..saling melengkapi kebahagian,
satu sama lain
antara suami dan istri...

Saturday, April 25, 2009

wiken..

hari ini pengen ngajak talitha jalan-jalan,bareng sepupu-sepupu saya..
sekaliyan nungguin si ayah yang lagi interview di BTPN..

hari ini,saya ga masak..
agak malas (banyak dinggg.. ;p)
kemaren talitha mamnya lumayan juga,pake sayur lodeh dan ikan lele..
bahkan sampe jam setengah 11 dia masih minta mam juga..
hari sebelomnya dia minta mam jam setengah 12..
okeh,walo dia makan semalem itu,tapi tetep ga ngaruh di berat badan.. :(

kata orang,talitha tuh lumyan ndut juga,padet dan kenceng badannya..
tapi saya dan suami ngeliyat talitha tuh kurus..gimana ga kurus,makannya susah..
ngot-ngotan (moody..).

talitha tuh kaya unta,punya tempat naro cadangan makanan.
kadang makan buanyaaakk banget. dan bisa ga makan sampe 5 hari :(


oiyah..
saya mau nanya..
GIMANA SIY CARA NURUNIN BERAT BADAN???
badan saya udah kaya gentong ajah.. :(
tapi ga bisa kalo harus mengurangi porsi makan,karna saya masih menyusui..

kasih tips ya.. :))
-------------------------

update-update-update,,,,


tadi kita ke pantai ancol..
yang lebih cucok di sebut kali keruh daripada pantay :(
poto-potonya nyusul ya :)

Friday, April 24, 2009

bandung..

me:paling depan,pake rok coklat!!


bandung..
setiap lagi ninggalin bandung,tiba-tiba kena sindrom-gila-kangen-bandung-akut-ga-nahan..

bandung..
banyak banget kenangan bareng mantan-pacar-sekarang-udah-jadi-bapaknya-anak-saya,temen-temen,saudara,tukang angkot,pengamen,ibu gorengan,ibu kos galak,dosen narsis,dan semuanya yang bikin saya selalu berpikir:'hadooohhh pengen lagi!!!'


me and iAic bandung..



bandung dan kampus..
yaaa...walo unpad adalah kampus yang ga wah-wah banget,tapi banyak banget memori kenangan yang tercipta di unpad..

me (jilbab coklat) and my friends..


yup..!!
saya benar-benar kangen abis sama suasana muda di bandung :D

Thursday, April 23, 2009

me and twitter..

demi kelangsungan perbisnisan (jiyahahaha..),saya di rekomendasikan ikutan twitter..
hadoohh...keren deh!!!
masih cupu siy ya..maklumlah ya saya kan baru 1 hari bersama twitter..(telat banget ya???gapapa lah ya..)

mau gabung?? www.twitter.com

Twitter is a service for friends, family, and co–workers to communicate and stay connected through the exchange of quick, frequent answers to one simple question: What are you doing?

Get Started—Join!



we're happy,we're family..


ayah-bunda-anak

mencoba memperpanjang hidup,dengan numpang makan di acara resepsi orang..
bwahahahahaha...




wanita-wanita dalam hidupnya ayah..


tidak butuh bicara,cukup tatapan..
tidak harus tertawa,cukup senyuman..

hati kami gambarkan secara utuh..
we love you,ayah dimas :)


Wednesday, April 22, 2009

19 april 2009:nikahan v3

akhirnya,v3 nikah juga..
terharu banget..pengen nangis..
perjuangan v3 buat nikah,semangat ngerjain TA karna dapet SIM nikah..
selamet ya buat v3..
temen curhat saya waktu saya mau nikah dulu..
tempat nangis sepanjang hari sampe mata bengkak ga karuan..

tinggal tante boi niy :))



boi-talitha-saya


boi,ku tunggu ya...hehehe...
di doain terus kok :)
kalo butuh bantuan,saya siap kapan pun!!
:)


18 april 2009:wisuda ayah..



selamat ya buat ayah dimas..
akhirnya,ayah jadi SARJANA TEHNIK,dengan stempel gajah duduk :))


kembaran!!

senangnya..
akhirnya punya juga baju 'resmi' kembaran saya dan talitha..
ini salah satunya..
ada 1 lagi warna gold..
ini juga bahan dan biaya jahit gretong,hahahaha..



om senang (makan) dan tante genit..

ini adalah sepupu-sepupu saya yang tinggal di bekasi..
namanya farel dan cinta..

sekarang saya lagi liburan di rumah mereka,,
farel ini nih yang saya bilang anak gaol bekasi :))




saya pernah melakukan kesalahan...


memotong rambut anak terlalu pendek,
sehingga anak saya menjadi anak ter-cupu di masanya..


maapkan bunda ya talitha...



Wednesday, April 15, 2009

anak itu bernama evita..


tengah malem,waktu talitha bobok adalah kesempatan saya buat berinternet ria..
salah satu teman saya di FB merekomendasikan salah satu blog..
check this out!!
http://jellyjellybeans.blogspot.com

she's a smart lil girl..
dalam fashion dan berfoto :D

thx dieny,for the link :)

Tuesday, April 14, 2009

senin malem yang 'keras'..


hahaha...
lebay gila niy bahasanya..

okeh..
kemaren kita karokean..
lebih tepatnya tadi malam..
talitha minta ikut..(hahahaha..boonk bgt!!!lebih tepatnya dia 'dipaksa' ikut)

talitha sangat bersenang-senang..
apalagi om2 dan tante nya memberi persembahan lagu BURUNG KAKAK TUA
yeeeaaahhhh...salah satu lagu di list ada BURUNG KAKAK TUA..
assooyyy...


ngajak talitha keluar malem di daearah bandung bener-bener udah yang pilihan terberat..
selain karena dinginnya nampol,juga karna keramaian yang mengganggu jadwal tidur (tapi talitha memang tidurnya malem banged siy ya..)
baju talitha pasti yang udah di double,trus pake jaket,trus jilbab'topi,trus kaos kaki,trus kadang masih saya selimutin jaket saya..
duuhh..ini nih,kalo emak babenya masih punya bibit-bibit 'gelora muda',hahaha..
gapapa ya talitha...sekaliyan blajar bersosialisasi ya nak..hahahaha..

Friday, April 10, 2009

merombak rumah vs ibu-ibu arisan bergenre orasi!!

hari ini saya merombak rumah..sendirian lho..
si ayah ada jadwal ke kampus.

dorong-dorong lemari-lemari,sofa,rak buku,angkat-angkat teve segede gaban,dispenser,,
masih harus ngerapiin kamar kompi..tapi istirahat dulu deh..menikmati manisnya jeruk..hehehe..


saya suka sekali nuansa baru dari dekorasi rumah.
sekarang aja agak terhambat,karna ini rumah kontrakan. kalo ga,udah saya cat deh..
inget banget,ngecat rumah ini kan saya berdua suami..lagi hamil pula sayanya..


by the way..
tetangga di depan rumah saya lagi arisan..
bukan saya mau nguping ya,,,tapi ngomongnya pada kuenceng-kueeennnceeennnggg..
di kamar kompi ini aja masih jelas banget suaranya..
ampun dah ibu-ibu tuh..lagi pada demo..
saling membela partai lah,promosi dagangan lah..
dan saya yakin,mereka tuh ngomong ga pake mic,, itu suara gede alami...hahahaha...

ibu A..
buktikan kalau kita cinta indonesia. pilih partai yang konsisten terhadap negara dari zaman dulu..
hidup golkar..!

ibu B..
ahhh..saya mah membela demokrat dan PKS..
butuh pembaharuan..
hidup demokrat dan PKS..!!

ibu C..
bu..bantuin promosi dagangan mukena saya dong..

ibu D (si tuan rumah)..
ayo ibu-ibu beli mukena pink ini.. biar aura kita jadi terpancar muda kembali..
aura adalah..blaa..blaa..blaa..
jadi kita akan lebih pede kalo kita ketemu brownis..

ibu E..
kalo ini 5ribu saja..
untuk keluarga kita,apalah artinya 5 ribu,,di bandingkan utang negara..
tau tidak ibu-ibu utang negara kita 10 miliar dollar..
bandingkan dengan 5 ribu saja..


(okey..percakapan di atas adalah sebenarnya yang saya dengar..masih lanjud tuh mereka..saling orasi..tapi saya yang jadi pusing..ampun daaaahhhhh....!!!)


-------------
sekedar info:
-daerah saya yang menang pemilu keramen demokrat dan PKS
-talitha kebangun dari bobok sambil nangis2 karna kaget sama suara ibu-ibu depan rumah yang lagi arisan.. :(

Thursday, April 9, 2009

9 april 2009

hari ini memang hari pemilu..
tapi bukan itu..

hari ini TALITHA NADA SALSABILA tepat berusia 14 bulan..
see?? ga kerasa banget ya..
14 bulan yang sangat indah..sangat berkesan..
talitha jadi sangat begitu pintar..

beberapa hari yang lalu saya dan suami di buat tertawa terpingkal-pingkal oleh talitha..
suatu malem,saya nyanyi-nyanyi lagu agnes monica yang 'cinta ini..jeng jeng jeng jengjeng...' sambil dancenya yang menghentak-hentak kaki..
talitha di hadapan saya memperhatikan sambil senyum-senyum..
trus dia bediri di depan saya,membelakangi saya..
trus kakinya di hentak-hentak sambil dia bersenandung..
talitha ngikutin saya!!!
saya sama suami tertawa geli banged ngeliat talitha melakukan itu berkali-kali..

yaa..
lagu 'cinta ini..jeng jeng jeng jengjeng...' jadi terlihat begitu lucu karena dibawakan oleh anak unyil,botak,dan imut..
uuggghh..
we love you,talitha..


selamat 14 bulan ya sayang..
sudah siap ke sekolah nak??


berlibur sebelum orang lain berlibur..

malem ini bandung udah mulai kaya tanah abang tumpah di bandung..
padat karya banget..macet gila.. jalanan udah kaya mobil-mobil yang biasa 'nangkring' di tol dalam kota mendadak di pindahkan oleh jin lampu ajaibnya aladin ke bandung..

tadi pagi,saya sekeluarga masih di jakarta. karna mengingat bahwa indonesia membutuhkan partisipasi dari masyarakatnya,kami pulang ke bandung untuk ikut mencontreng..*(sumpahh..jalanan jakarta seeeepiiiii banget!!!!! orang-orang kayanya tadi malem pada dugem,karna tau hari ini libur..dan paginya mereka masih pada ngorok di kasur.. mereka membayangkan 4 hari ke depan adalah surga untuk berleha..dan kalo ada kompeni nyerang indonesia,sepertinya masyarakat indonesia pada ga siap..pasti..karna masih pada 'mabok' guling..)
saya sekeluarga udah beberapa hari menikmati liburan di jakarta,sebelum orang-orang berlibur memanfaatkan 'voucher' berlibur gratis dari pemerintah..(karna orang-orang yang sibuk pemilu masih pada teler karna jereng ngitung hasil suara pemilu dengan memperhatikan contrengan orang-orang di kertas segede-gede gaban...gila ya sumpah..tadi pas ikutan nyontreng takjub juga..kertas-kertasanya gede-gede banget...!!dan sebagai hadiah dari pemerintah kepada 'pejuang' penghitung suara pemilu,mereka boleh berlibur selama 4 hari..yaa..mungkin begitu kisahnya..hahahaha)

kita di jakarta menikmati fasilitas kota..hahahaha..
kita nginep di rawamangun..
hari pertama,malemnya kita jalan-jalan ke PIM.. makan-makan,trus bawa talitha n nawla k time zone..
sepertinya salah bawa talitha dan nawla ke tempat bermain seperti time zone..mereka jadi mengalami mimpi buruk..hahaha..
musik-musik dari maenan-maenan di time zone sangat tidak bersahabat..bahkan nawla nangis histeris..hahahaha..
ya udah deh,kita caw..
kita maw mengujungi papa nya nawla yang masih kerja di global buat ngedit-ngedit acara-acara global..
bawain si papa kebab deh..
global kan baru pindah gedung..jadi sekaliyan 'silahturahmi' rumah baru global... (jiyaaahhhh...siyapa kite???)
di global ketemu si daniel..(jiyaaahhh...sok akrab!!).. sipit banget ya???hahahaaha...
trus pulang ke rumah deh..karna paginya jadwal padat merayap..hehehe..

hari kedua,paginya ke tanah abang dulu..blanja baju-baju buat baby talitha and nawla..tanah abang masih normal kepadatannya,hehehe..
trusss...kita ke sea world..gretong dong..asik kan..
masih sepi banget..karna memang masih jadwal sekolah dan ngantor..jadi masih sepi..
talitha dan nawla antusias sekaleee...
dan senangnya talitha mamnya hari itu lumayan juga..karna makan pagi mie aceh,bekal mie aceh juga,suka bener tuh dia..
sayangnya kita ga bawa kamera.kamera si ayah ketinggalan di tempat temennya waktu ke garut..
talitha dan nawla terlihat hepi banget..
bahkan talitha agak berat meninggalkan sea world.. pas mau pulang,talitha selalu membalikkan badannya,dadah-dadah ke 'dinding-dinding' sea world,senyum-senyum..seraya berkata 'suatu saat aku kesini lagi ya..tunggu aku...' (ilustrasi suara oleh si bunda.. ;p)
selanjodnya kita mam siang di bandar jakarta..

beres makan kita ke artha gading..
kita ajak talitha dan nawla ke amazone..
maen di taman bola..talitha seneng banget..apa lagi pas meluncur di perosotan yang tinggi..wuiiihh..
tapi nawla masih takut,jadi nangis..
trus maen sky rider..
trus naek kereta api tut tuuuuttt..
trus naek komedi putar..
maen perkusi juga..
talitha dan nawla terlihat bahagia..

dan kebahagian hari itu di tutup dengan tangisan rewel dari talitha dan nawla karna pada kecapean..
setidaknya hari itu dalam sejarah masa kecil mereka berdua terukir bahagia..
;))

hari ketiga,ya hari ini..
mba pit dan nawla pulang ke bogor..
talitha dan emak babe pulang ke bandung..
sorenya talitha dan emaknya berduaan ke PVJ..
ke jonas,blanja,makan,ke gramed juga.. nungguin si ayah yang menjemput sudah kena macet..
tadi pas nemenin talitha dinner di blend..sebelah meja kita ada anak cowo..dia ramah banget..
pas lagi nyuapin talitha,talitha sama pelayan di blend di kasih balon 3 buah..trus beberapa lama kemudian di kasih 1 lagi yang pake tongkat..
jiyaaahh...anak sebelah yang udah nongkrong duluan di situ malah ga di kasih 1 pun..ngiri deh jadinya,trus emaknya minta ke pelayan..trus di kasih deh 1..
mungkin talitha terlalu lucu dan imut.. kepala botaknya membuat orang jadi 'mupeng' pengen punya baby juga (naaahh..ga nyambung konklusinya..mulai error nih si bunda karna ngantuk..)
jadi aja kita pulang ke rumah dengan membawa 4 buah balon..uhuy...


sekarang,si unyil udah pules bobok..
dan bundanya juga mulai mengantuk..

buat semua di luar sana..
selamat berlibur ya..
kami sudah duluan,,hehehehe...


-------------
n.b.;
saya jadi pengen deh punya bisnis kaya amazone gituh..seru banget..dan di bandung masih ga ada kayanya..
gede banget yak modalnya???

Thursday, April 2, 2009

Deteksi Gangguan Dini Pada Perkembangan Bayi

Untuk mengetahui perkembangan anak perlu diketahui beberapa aspek, yaitu: sensoris, motorik, komunikasi, bahasa dan bicara, kognitif dan inteligensi, kreatifitas dan seni, urus diri, emosi dan sosial, kerjasama dan leadership, serta moral dan spiritual.

Perkembangan-perkembangan tersebut berkaitan dengan perkembangan sinaps yang berbeda untuk setiap fungsi otak, misalnya perkembangan tahap penglihatan dan pendengaran dimulai sejak usia trimester ketiga kehamilan hingga mengalami puncak di usia bayi 0 hingga 3 bulan.

Tahap bicara berada di puncak usia bayi 5 hingga 10 bulan. Tahap kepandaian meningkat di usia 9 hingga 12 bulan. Pada dasarnya perkembangan motorik (perkembangan motor kasar) akan diikuti perkembangan sensorik, karena ibarat "fondasi rumah", otot-otot besar yang paling utama digunakan terlebih dahulu karena akan mampu menggerakkan seluruh komponen tubuh, dan mengoksigenasi otak untuk bergerak. Misalnya saja gerakan motorik kasar: gerakan angkat kepala, duduk, berdiri maka motorik halusnya juga akan mengikuti misalnya: gerakan tangan terbuka, memindahkan benda dr satu tangan ke tangan lain, dan sebagainya.



Berikut tabel tahap perkembangan:

Usia Motorik kasar Motorik halus Sosialisasi Bicara
3 bulan Angkat kepala Tangan terbuka Senyum spontan Cooling, ketawa, babling
6 bulan Duduk sebentar Pindahkan benda Suka tidak suka Imitasi suara 1-2 kata
9 bulan Menarik-berdiri Ambil dengan jari, melepaskan benda Ciluk ba, bye bye Imitasi suara 1-2 kata
12 bulan Berjalan dituntun Makan dengan sendok Dipanggil datang Lebih 8 kata
18 bulan Naik tangga dibantu Susun balok 6 Mengikuti mimik
24 bulan berlari kotak bermain 2-3 kalimat


Usia Motorik kasar Motorik halus sosialisasi bicara

  1. 3 bulan Angkat kepala Tangan terbuka Senyum spontan Cooling, ketawa,babling
  2. 6 bulan Duduk sebentar Pindahkan benda Suka tidak suka Imitasi suara 1-2 kata
  3. 9 bulan Menarik-berdiri Ambil dgn jari, melepaskan benda Ciluk ba, bye bye Imitasi suara 1-2 kata
  4. 12 bulan Berjalan dituntun Makan dgn sendok Dipanggil datang Lebih 8 kata
  5. 18 bulan Naik tangga dibantu Susun balok 6 Mengikuti mimik
  6. 24 bulan berlari kotak bermain 2-3 kalimat

Stimulasi anak usia 4 bulan memasuki refleks primitif yang mulai menghilang, mulai dapat kontrol kepala, tangan, dada, dan tangan,dan tulang punggung sudah kuat. Untuk menstimulasinya dapat dilakukan dengan merangsang berbagai aspek sekaligus dalam suasana gembira, baik motorik kasar, motorik halus, dan mata.


Bagaimana mengenali gangguan lain pada anak, misalnya autisme. Autisme spectrum - anak hidup dalam kehidupannya sendiri namun hanya sebagian saja. Bila gejalanya lebih dini ditemukan maka terapinya bisa sedini mungkin dilakukan dengan adaptasi yang baik. Tiga ciri autismespektrum: masalah interaksi sosial, masalah komunikasi timbal balik, perilaku atau minat khusus.


Gangguan autistik disebabkan 2 faktor: bukti kuat (genetik, gangguan struktur otak, gangguan neurotransmitter), bukti lemah (leaky gut, permeabilitas usus meningkat, absorpsi peptida meningkat, gangguan perilaku, diet khusus, dan lain-lain). Kriteria diagnosa dibagi menjadi: autistic disorder, asperger disorder, PDD nos (bila ada 3 ciri utama tapi jumlah kriteria tak memenuhi, bisa jadi kelompok terlalu heterogen, letak dalam kontinuum tak teratur), MSDD (multisystem developmental disorder) deteksi dan intervensi sedini mungkin bila terjadi pada anak anda karena berkaitan dengan pemahaman dasar masalah dan intervensi anak sehingga mempengaruhi perkembangan otak anak yakni bagaimana otak memproses nformasi dan belajar. Gejala MSDD biasanya mengalami kesulitan interaksi sosial, kesulitan komunikasi, kesulitan persepsi auditori, kesulitan proses sensorik, dan praksis.


Gejala Social Communication yaitu: anak tidak ingin berkomunikasi, komunikasi bila perlu, komentar tentang fakta bukan interaksi sosial, "cerewet" tapi tidak timbal balik. Jika bayi normal pada 2 hingga 3 bulan, memiliki perilaku "mengobrol" (menurut Trevarthen, 1974), perbedaan intonasi untuk komunikasikan berbagai nada emosi (menurut Ricks, 1979), komunikasi non-verbal pada individu dengan SD cenderung minimal (menurut Atwood, 1984).


Berikut perilaku sosial pada bayi:

  1. Usia 2 bln: senyum sosial, berkata "auauau..."
  2. Usia 6 hingga 7 bln: senyum atau tertawa pada orang, variasi emosi bermacam-macam.
    Perkembangan Bahasa meliputi: gesture, ekspresi dan bicara bayi, melambai, menunjuk, mengoceh, membeo, masih mengalami masalah dalam semantik, pragmatik, dan komunikasi non-verbal, serta bayi dalam prosodi suara (suara tinggi).


Pola aktifitas yang stereotipik :

  1. Aktifitas minimal: mulut, tangan
  2. Stereotipik tubuh sederhana: flapping, aimless pacing, simple stim.
  3. Stimulasi kompleks: bagian lagu, logo, jejer mainan, kotak berlabel, nomor teelpon, dan sebagainya.
  4. Ritual: rute khusus, acara tidur
  5. Intelektual : intensitas aneh


Berikut tips kunci yang mudah mengenali deteksi gangguan dini pada bayi Anda

  1. 1 hingga 2 bulan: angkat kepala, senyum sosial
  2. 3 hingga 4 bulan: tengkurap, telapak tangan terbuka, ngoceh
  3. 6 hinga 7 bulan: parasut sign, "topping" wajah bervariasi
  4. 8 hingga 9 bulan: duduk,merangkak, dipanggil menoleh, sudah bisa mengucapkan "bye bye", menunjuk
-----------
sumber:kalbenutrionals.com

Anatomi Payudara

dari kalbe..
-------------

Menyusui merupakan proses yang cukup kompleks. Oleh karena itu kenali terlebih dahulu anatomi payudara seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Areola
Merupakan daerah berwarna gelap yang mengelilingi puting susu. Areola terdiri dari kelenjar-kelenjar kecil yang disebut sebagai kelenjar Montgomery, yang menghasilkan cairan berminyak untuk menjaga kesehatan kulit di sekitar areola.


Alveoli
Merupakan kantong penghasil ASI yang berjumlah jutaan. Hormon prolaktin mempengaruhi sel alveoli untuk menghasilkan ASI.


Duktus laktiferus
Merupakan saluran kecil yang berfungsi menyalurkan ASI dari alveoli ke sinus laktiferus.


Sinus laktiferus
Disebut juga sebagai ampula. Merupakan saluran ASI yang melebar dan membentuk kantung di sekitar aerola, yang berfungsi untuk menyimpan ASI.


Jaringan lemak
Jaringan lemak di sekeliling alveoli dan duktus laktiferus menentukan besar kecilnya ukuran payudara. Ukuran payudara yang besar atau kecil memiliki alveoli dan sinus laktiferusyang sama, sehingga dapat menghasilkan ASI yang sama banyaknya. Di sekeliling alveoli juga terdapat otot polos yang akan berkontraksi dan memeras keluar ASI. Keberadaan hormon oksitosin menyebabkan otot tersebut berkontraksi.




ceting sama anak 3SD!!

okey..
sekarang saya lagi ceting sama sepupu saya..
muhammad farel lufiara, yang mana dia masih 3SD,tapi sudah jadi anak gaol bekasi!!
jiyahahahaha...

anak SD zaman sekarang yang juga udah sibuk begaol di facebook,udah cetingan,udah ber-gadget blackberry,dan semuanya berhasil membuat saya berdecak kagum..ckckckck..

niy barusan di facebook saya:

8:51pmFarel

uni..

punya yahoo mesengger gak

8:52pmTalitha

chareencutty_28

8:54pmFarel

ok..

----------

dan ga berapa lama kemudian YM saya di invite farel..

ya amploooooopppp..






al-barra..

niy adalah nama yang saya siapin buat my'lil boy' kelak..
hahaha..
bukan berarti saya sekarang hamil ya..
cuma,nama ini sudah di siapin dari kehamilan pertama saya dulu..
berubung yang lahir si genduk,jadi ga kepake sekarang deh nama 'al-barra'

kalo yang memperhatikan blog saya,pasti tau kenapa saya pengen banget anak cowo saya namanya al-barra..
yup!!karna saya ngefans gila sama chef barra 'gula-gula',yang masak udah kaya ngupil;sama mudahnya!!!

berdasarkan googling saya,al-barra adalah salah satu pejuang islam yang tangguh semasa khalifah..
tapi al-barra yang 'akan hadir' kelak suatu saat di keluarga kami (amin),akan kami 'ciptakan' sebagai pribadi yang tangguh pada zamannya,insya ALLAH..


balik ke bandung..berdingin-dingin ria..

setelah beberapa hari di bekasi,kami sudah di bandung lagi..
wuiihh cuapek banget!!
talitha rewel buanget..karna maw tumbuh geraham,agak sakit,ga enak hati,dan yang utama..karna puanas buanget ya bekasi tuh..

secara talitha anak bandung,anak 'calon orang kaya' (amin..) hehehehe..ga biasa panas..
jiyaaaahhh..gaya banget yak anak zaman sekarang??

tapi sepupu2 kuw tuh sekarang gitu..
suka takjub kalo ngelihat mereka ga bisa tidur kalo ga pake AC..
bwaahh..beda nian zamn kita ya??
dulu waktu saya masih kecil,ga ada tuh acara ga bisa tidur kalo ga pake AC.
selaen ozon dulu belom terlalu bolong,rumah ortu saya tuh selalu yang beratap tinggi,jadi di dalam rumah tuh sejuknya aseeekkk..

waktu di bekasi,saya 'membolehkan' talitha maen ujan-ujanan..wahh..saat itu talitha makannya banyak banget.sampe nambah 2kali.
talitha seneng banget. dia antusias..
ujan-ujanannya ya ga langsung lah ya..maen-maen di bawah kanopi,yang di pinggir temboknya ada rembesan air hujan..
yup!!itu ujan-ujanan alan talitha,,hehehe...

cinta banget sama bandung..
udara segar..dingin-dingin es batu gitu airnya..

talitha,
doakan ayah dan bunda jadi orang yang kaya ya.. :)
jadi kamu ga perlu kepanasan..
ga uring-uringan..
ga rewel..

amin..

:))


Monday, March 30, 2009

indonesia dan sinetron..

gara-gara debo menang ICIL 2..
cinta fitri 3 jadi jawara panasonic award..
sinetron yang menggila..

saya jadi berpikir,,kok masyarakat indonesia bisa jatuh cinta sama kisah-kisah yang sedih-sedih yak??
apa sebagian besar masyarakat kita tuh berkepribadian melankolis ya??

termehek-mehek pun jadi jawara..
tapi kalo pun itu ada skenarionya.
menurut aku dan suami,termehek-mehek adalah SINETRON PALING BAGUS..
hehehe..

memiliki rasa simpati berlebih,empati,mungkin sukses besar nih para leluhur kita ngajarin ke masyarakat kita..
mendarah daging,bahkan mengurat nadi..
para guru PPKN pasti amat sangat bangga,karna pelajaran mereka jadi TOP OF THE BEST,dari deretan pelajaran sukses di dunia..

inilah indonesia..
bukan negera kepulauan..
bukan negara pancasila..
bukan negara si burung garuda..

tapi,
negara ber-sila-kan sinetron..
negara berdasarkan kisah..
negara mellow-drama..
hidup negara telenovela!!
(miriss...)


Sunday, March 29, 2009

my lovely husband bday..

hari ini suami kuw terkasih tercinta luar biasa ultah lhooo..
tadi malem ngasih kue tiramisu ekstra large (jiyaaahh lebay gila!!),dan 2 celana jeans..(ya ya ya..hadiah ultah yang aneh..hadiah ini di berikan atas kemirisan sang istri terhadap celana-celana si suami yang udah rombang-rombeng,tapi dia bilang malah semakin pewe..hadooohh...)

kejutan tadi malem agak gagal..
karna dari jam 7 malem dimas udah tau ada kue di freezer..hahaha..
tapi yang celana masih di rahasiakan..
dan 1 kejutan hari ini 'terpaksa' di bongkar,karna takut ada hal-hal yang tidak di inginkan..hehehe..

kejutan apa??
nyokap dimas mau dateng.dan kita akan membawa dimas ke kebun binatang taman sari..
jiyaaahhh...
hahahahahahahahahahahahaha!!!
sekedar mengingatkan dimas,pernah berkuliah 4,5 tahun di INSTITUT TAMAN BINATANG...ataw kalo kata dimas INSTITUT TAI BURUNG
bwahahahahaa..

KENAPA KE BONBIN SIH??
selaen alasan di atas,ada juga niy beberapa alasan:
1.biar talitha tau kebon binatang..padahal deket rumah,tinggal sekali angkot..tapi talitha ga pernah tau ada yang di sebut 'kebun binatang' di dunia ini..hehehe..
2.nostalgila si bunda yang pernah di jilat sama jerapah di bonbin..(ooww..)
3.nyokap dimas pengen ke kebon binatang..(jehehehehe)
4.ga sanggup kalo harus ngerayain di cafe atw resto mahal..(hugzz..)


setidaknya..ada acara lah buat hari ini..
hahahaha...

Friday, March 27, 2009

bergosip..

tadi pagi pas nyuapin talitha keliling komplek,talitha 'singgah' ke salah 1 rumah dan asik bermain di sana.
ya udah deh,emaknya jadi 'numpang' denger rumpian ibu-ibu gratis..
talitha asik maen tanah,emaknya sibuk dengerin ibu-ibu cerita dengan semangat membaranya.
dari tentang arisan,bayaran kontrakan,sampe ngomongin anak-anak tuh ibu-ibu..

itu dia knapa rating acara gosip di teve indonesia jadi jawara,nah kelakuan ibu-ibunya begitu..
kalo saya lebih karna jadi 'korban' karna nemenin anak maen..
(hehehe..pembelaan cuy..!!)


apa siy bedanya acara gosip masa berita ala reportase?
toh keduanya sama-sama ngomongin orang lain..
masalah ngomongin keburukan orang,acara berita kaya reportase juga sering tuh..
si A membunuh si B,karna si A gay,dan si B punya utang 2M..
bla..bla..bla..
bukannya itu juga ngomongin keburukan orang yak?

mungkin sebagian orang eneg ngeliyat acara gosip karna si pembawa acaranya bawain berita udah kaya malaikat paling baik sedunia..ngomong yang udah kaya ga punya lidah..
tapi ada juga sebagian orang yang eneg nonton berita karna nampilin darah mulu,orang berantem,aksi selingkuh,dan teman-teman..


masalah tontonan yang baik dan berkualitas untuk di tonton udah balik ke individu masing-masing..
masalah habit,bergaul,berhubungan dengan orang lain,udah tanggung jawab individu masing-masing..


'membicarakan orang lain seperti memakan daging saudara mu sendiri'

apakah anda kanibal?

sangat tidak suka dengan PES,BOLA,dkk..

boleh dong saya ber-opini..

ditengah kegilaan orang-orang terhadap PES dan BOLA,
saya justru sangat membenci 'mereka' (selanjutnya PES dan BOLA akan saya sebut 'mereka')
saya punya alasan:
1.'mereka' sudah menghancurkan hati dan hidup saya secara ga langsung
2.'mereka' membuat saya jadi gila kalo berhubungan dengan masalah waktu dan masa depan
3.'mereka' terlalu membuat orang 'penggilanya' jadi amat sangat kecanduan,yang berakibat sakau gila-gilaan..
4.'mereka' mengalahkan posisi saya..(perasaan saya..)
5.'mereka' cuma benda mati yang di buat hidup dengan selalu memberi kesenangan palsu..(yakin deh,yang maen PES pasti lebih sering menang..memang udah di set begitu pastinya..untuk memupuk rasa bangga sang pemain,dan membuat orang jadi kecanduan..)
6.'mereka' menjadi deretan teratas kesenangan kaum pria..
7.saya paling ga bisa maen 'mereka' (ya..saya ga bisa maen PES,apalagi BOLA)


kalo saya tiba-tiba nemu lampu aladin sekarang,trus di kasih kesempatan minta 3 permintaan..
saat ini yang terpikir di kepala saya,permintaan yang pertama:semoga para pria bosan dengan PES dan BOLA,dan mereka tidak terlalu maniak lagi..




hhuuff..


(n.b.:jangan protes dulu ya para maniak PES dan BOLA,,yang di atas sekedar opini..setidaknya saya juga 'bercermin' kok kalo saya bilang sesuatu..saya,wanita yang tidak terlalu maniak juga untuk ke salon atau hal-hal berbau kesenangan untuk wanita..selain karna ga ada uang berlebih untuk hasrat-hasrat tersebut,saya juga ga punya cukup waktu untuk itu..)

Monday, March 23, 2009

TUHAN,apakah ini pertanda hamil??


bangun tadi subuh dapet 'kejutan'..
pinggang belakang suakitnya nampol..

duuuhh..
kok kaya waktu aku hamil talitha??

haddoooohhh....
harus cepet-cepet beli test pack..

tapi kalo pun ga hamil,berarti saya kurang nih kalsiumnya (????lha..kenapa bukan ini alasan pertama sebab sakit yak?kok malah mikir hamil???jiyahahahahha)

hahahahaa..
dasar si bundanya talitha..

okeh..
buat yang di luar sana..
hamil tuh gimana sih taunya??
ya kalo mau cepet ya pake test pack ajah ya..(hahaha)
karna tiap wanita tuh beda-beda tanda kehamilannya..

ada yang mual dan muntah-muntah..
saya muntah pas belom tau hamil(sekitar 3hr berturut-turut saya mun-mun),pas udah tau saya ga mun-mun..
ada yang 3bulan pertama mun-mun setiap pagi..
saya waktu hamil talitha ga tuh..mudah-mudahan seterusnya juga engga ya..amin..
trus pinggang belakang saya suakitnya nampol..sering terasa puanas..makanya waktu hamil talitha dulu saya paling ga kuat kalo nyetrika..

niy hasil dari googling,mayoritas nulis tanda-tanda kehamilan secara umum begini:

1.Payudara menjadi agak membengkak dan sedikit sakit atau sensitif, ini diakibatkan pembentukan hormon estrogen dan progesteron (namun biasanya hal ini baru bisa dibaca diminggu ke-2)

2.Mudah lelah, karena tubuh wanita akan banyak memproduksi hormon dan lebih byk sel darah yang dibutuhkan untuk persiapan kandungannya


3.Kram perut
Banyak wanita juga mengalami kram perut pada saat awal kehamilan dimana rahim mulai membesar. Kram ini hampir sama dengan kram pada saat haid


4.Rasa mual dengan atau tanpa disertai muntah.
Rasa mual di pagi hari adalah merupakan gejala awal kehamilan yang paling terkenal. Kebanyakan wanita merasakan mual sekitar empat hingga delapan minggu setelah hamil, tetapi rasa mual dapat juga dirasakan pada minggu kedua setelah pembuahan.


5.Ngidam
Jika suatu saat anda merasa mual pada saat mengkonsumsi atau mencium makanan tertentu, itu mungkin merupakan pertanda awal anda hamil. Pada minggu-minggu pertama kehamilan biasanya bau kopi dapat menyebabkan mual. Daging, makanan yang mengandung susu dan makanan pedas juga sering kali dapat menyebabkan mual.


6.Buang air kecil meningkat
Banyak wanita hamil akan mengalami buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. Ini terjadi dikarenakan adanya pembesaran rahim yang menekan kandung kemih


7.Sakit Kepala, Suasana hati yang berubah2 dan Sembelit, yang terjadi akibat perubahan dan peningkatan hormon dalam tubuh


8.Temperatur tubuh yang meningkat.
Yang dimaksud disini adalah suhu tubuh yang diukur dengan menggunakan thermometer mulut pada saat anda bangun tidur di pagi hari. Suhu tersebut akan sedikit meningkat setelah masa ovulasi hingga mulainya masa haid. Apabila peningkatan suhu terus berlangsung selama lebih dari 2 minggu setelah masa ovulasi maka ada kemungkinan anda hamil.

-----------
nah buat ibu-ibu muda yang pengen hamil,saya kasih tips 'ala saya':

1.jangan konsumsi segala sesuatu yang dari kedelai (tahu,tempe,susu kedelai,dkk) karna kedelai bereaksi memberi asam pada saluran vagina yang dapat membunuh sperma.. tapi kalo udah positif hamil,baru konsumsi sebanyak-banyaknya hal-hal yang berbau kedelai,karna proteinnya sangat bagus buat perkembangan janin..susu kedelai juga ampuh buat ngecegah mual lho..

2.makanan yang di konsumsi harus baik dan seimbang,minum susu dan vitamin,banyak makan sayuran ijo

3.uuppss..yang paling utama:jangan lupa berdoa kalo lagi mau 'berhubungan'..biar segala sesuatu menjadi baik :)

4.TERUS BERUSAHA DAN BERDOA!! :))