Thursday, April 2, 2009

Anatomi Payudara

dari kalbe..
-------------

Menyusui merupakan proses yang cukup kompleks. Oleh karena itu kenali terlebih dahulu anatomi payudara seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Areola
Merupakan daerah berwarna gelap yang mengelilingi puting susu. Areola terdiri dari kelenjar-kelenjar kecil yang disebut sebagai kelenjar Montgomery, yang menghasilkan cairan berminyak untuk menjaga kesehatan kulit di sekitar areola.


Alveoli
Merupakan kantong penghasil ASI yang berjumlah jutaan. Hormon prolaktin mempengaruhi sel alveoli untuk menghasilkan ASI.


Duktus laktiferus
Merupakan saluran kecil yang berfungsi menyalurkan ASI dari alveoli ke sinus laktiferus.


Sinus laktiferus
Disebut juga sebagai ampula. Merupakan saluran ASI yang melebar dan membentuk kantung di sekitar aerola, yang berfungsi untuk menyimpan ASI.


Jaringan lemak
Jaringan lemak di sekeliling alveoli dan duktus laktiferus menentukan besar kecilnya ukuran payudara. Ukuran payudara yang besar atau kecil memiliki alveoli dan sinus laktiferusyang sama, sehingga dapat menghasilkan ASI yang sama banyaknya. Di sekeliling alveoli juga terdapat otot polos yang akan berkontraksi dan memeras keluar ASI. Keberadaan hormon oksitosin menyebabkan otot tersebut berkontraksi.




No comments:

Post a Comment

mari yuk mari..
kasih komen,pesan,kata-kata..
dengan sangat senang hati..
yuk atuh..