Friday, September 12, 2008

nikah muda=keuangan???

assalamualaykum..

maap nih baru bisa post lagiy..

berubung internet baru ol di rumah...(hahaha..basi banget gag siiiyy...)

aku mau bayar utang ama temen2 yang ngajak curbar (curhat bareng) tentang nikah muda, ataw nikah dini, ataw nikah,,,,,(ya begitulah...emoticon)

salah satu yang jadi pikiran pasti tentang keuangan. dan ini PASTI jadi pertanyaan sebagiyan ortu yang mungkin 'terkejut' ketika kita minta SIM (surat izin menikah,,,hahahaayyyemoticon)

akuw aja yang sekarang udah lebih dari 1 tahun(akuw nikah 1717;17januari2007. saat itu umur aku n suami 21thn kurang bln) masih butuh banyak 'strategi' dalam keuangan.

sekedar berbagi pengalaman ya,,

dulu akuw n mantan pacar(suami booookkkk) mengajukan proposal nikah tuh dengan dasar agama, ingin menjaga kehalalan hubungan dan menjalankan separuh ibadah agama kami. di dalam 'proposal' itu kami juga bilang, kendala kami ada dalam keuangan (saat itu akuw masih kuliyah juga, tapi bener deh..yang perlu di catat; tiap orang BEDA!! karena ternyata antara aq n suami aja begitu... BERDASARKAN FAKTA, aku lebih tidak bermasalah dengan kuliyah.. aku si ngerasa berdasarkan beberapa faktor juga. suami ku kan itb, yaaaa...tingkatan diatas ku yang unpad. tapi bukan berarti unpad ga bagus yaaaa...)

kami ga minta acara yang 'wah'. karena kami ingin lebih fokus setelah akad nya.. tapiy berhubung aku anak cewe satu2nya, ortuku pun membuatkan acara yang sangat berkesan buat aku... (makasih ya pak, bu..emoticon)

jujur juga,,kami masih minta 'bantuan' dana dari ortu. tapi ternyata tanpa kami minta, ortu kami emang dukung dalam bentuk apa pun itu..

aku inget banget bapak ku bilang gini:

'ibarat anak yang sedang belajar berjalan, orang tuanya akan melihatnya dari belakang, tidak menggendengnya, karena ingin anaknya berhasil berjalan. sesekali akan di ingatkan, sesekali akan di arahkan. tetapi ketika tersandung atau bahkan terjatuh, tangan orangtua akan siap menjaga...'

karena keluarga sangat mendukung, kami mantap melangkah ke depan....emoticon

TAPIIIIIIIIYYYY...

ternyata setelah menikah, kami malu juga ya kalo 'bergantung' banget. sempet cari2 penghasilan tambahan sembari kuliyah. jualan stiker handmade, jualan baju, jualan makanan(bangun jam 3 buat masak, trus di taro di kantin kampus,,,huhuhuhuhu), jualan pulsa, rezeki apapun yang halal...

senengggg banget lho...!!! rezeki udah diatur, walo terkadang kondisi keuangan dalam keadaan 'was-was', tapi ada aja deh...

pernah kami harus ke dokter. anak ku sakit. saat itu uang sekarat bgt. aku bongkar lemari, karena aku tu punya kebiasaan nyelipin uang k lemari kalo ada rezeki lebih...eh pas di bongkar nemu uang 500rb...subhanallah... tapi emang saat itu bukan lebih lho, tapi cukup banget. pas saat itu kebutuhannya 500rb... Ya ALLAH....

sekarang aku punya strategi..nabung perhari, biar ga berat. terus tabung ke bank syariah perbulannya dengan sistem yang tidak bisa di ambil dalam jangka waktu tertentu(1,2,3,4,dst tahun???).

(skrg aku buat tabungan pendidikan syariah buat anakku. mudah2an berkah. walou sedikit, tapi kita harus yakin.)

apalagi sekarang ada deposito syariah dengan kurun waktu 1,3,6,12 bulan. jadi kita bisa simpen uang dgn lebih aman n terkendali. menghindarkan dari sifat boros juga...hehehe...

jadi misalnya udah rencana mo nikah. coba nabung dikit2 kaya 2 cara di atas. atur strategi kedepan.

jangan memusatkan keuangan untuk orientasi pada resepsi mewah(kecuali kalo ortu maw bayarin yay), tapi fokus pada strategi 'keluarga berencana'.

selanjodnya...mari berjuang bersama, pasutri, untuk menjadi keluarga bahagia..

rezeki itu datang karena ada usaha dan doa...

bismillah buat semua keputusan. mudh2an menjadi berkah. kita sama2 berjuang...

semoga manfaat..emoticon

No comments:

Post a Comment

mari yuk mari..
kasih komen,pesan,kata-kata..
dengan sangat senang hati..
yuk atuh..